Seni Badawang

Badawang atau Memeniran adalah patung orang-orangan besar atau makhluk seperti raksasa yang terbuat dari kerangka bambu yang dilapisi kain kostum dan dilengkapi topeng atau ukiran wajah dan kepala. Di dalam kerangka orang-orangan ini terdapat rongga yang dapat dimasuki orang yang akan membawanya berjalan berpawai dan menggerakannya menari-nari. Badawang adalah tradisi masyarakat Sunda di Jawa Barat dan sangat mirip dengan kesenian Ondel-ondel Betawi dari Jakarta dan Barong Landung dari Bali. Tradisi orang-orangan ini sudah memiliki sejarah yang lama, peniruan makhluk hidup sebagai bagian dari tradisi mistis totemistik yang berasal dari sistem kepercayaan asli Indonesia.

Memeniran sedikit berbeda karena wujudnya berupa gabungan dua orang yang menggendong dan digendong. Badan yang digendong adalah badan asli orang pemakainya, sedangkan kaki penggendong adalah kaki asli pemakainya. (Sumber : Wikipedia).

Kesenian Badawang dalam Helaran Milangkala Kota Tasikmalaya ke-13

Badawang diartikan sebagai orang-orangan tinggi besar dibuat dari kerangka bambu dan diberi berpakaian, diusung oleh seseorang yang ada di dalamnya sehingga dapat berjalan dan digerak-gerakan mengikuti irama tetabuhan; biasanya ditampilkan dalam iring-iringan (pawai) untuk meramaikan pesta-pesta umum maupun pesta tradisional keluarga seperti pesta perkawinan atau khitanan (Ensiklopedia Sunda).

Badawang sedang beraksi di depan para penonton Milangkala Kota Tasikmalaya

Kesenian Badawang ditampilkan oleh Komunitas Cermin-Tasikmalaya dalam rangka Helaran Milangkala Kota Tasikmalaya yang ke-13. Pada kegiatan helaran yang dilaksanakan pada Hari Jumat (17/10) bertempat di sepanjang jalan KHZ Mustofa Kota Tasikmalaya selain ditampilkan Seni Badawang, juga dimeriahkan festival Jampana dan pawai alegoris dari OPD se-Kota Tasikmalaya dan instansi lainnya, BUMN/BUMD, sekolah, dan perguruan tinggi yang ada di Kota Tasikmalaya.

Drum Band dari barang bekas berkostum kemasan bekas yang mengiringi Seni Badawang
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Seni Badawang"

  1. sampai saat ini saya belum pernah liat pak bos... momentnya kapan tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di acara helaran hari jadi pemkot tasikmalaya biasanya ada, gak tau nih momeny imlek ada acara budaya apa enggak ya ...

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi