Makna Logo Kabupaten Pangandaran

Logo Kabupaten Pangandaran dihasilkan dari sayembara mengenai logo kabupaten. Selanjutnya setelah Kabupaten Pangandaran disahkan maka selanjutnya ditetapkan logo kabupaten dengan Peraturan Bupati Pangandaran Nomor 4 Tahun 2013 tentang Lambang Daerah.
Logo Kabupaten Pangandaran berdasarkan Perbup Pangandaran Nomor 4 Tahun 2013 tentang Lambang Daerah
Logo Kabupaten Pangandaran berdasarkan Perbup Pangandaran
Nomor 4 Tahun 2013 tentang Lambang Daerah
Arti dan makna lambang daerah Kabupaten Pangandaran sesuai Peraturan Bupati  Pangandaran Nomor 4 Tahun 2013 tentang Lambang Daerah adalah sebagai berikut :

Perisai dengan warna dasar biru
Perisai dengan warna dasar biru Melambangkan kedamaian, ketentraman, kesejehtraan yang merupakan keinginanan tahuan tujuan utama masyarakat Pangandaran, selain itu warna biru juga melambangkan daerah perairan-pesisir yang merupakan daerah pariwisata

Bintang

Bintanga dalah Simbol ketuhanan Yang Maha Esa

Kujang
Kujang Simbol pusaka Pajajaran, terdapat 5 lubang yang melambangkan dasar Negara Indonesia, kujang berwarna kuning, merah hitam melambangkan keadilan, keberanian dan kemakmuran.

Padi dan Kapas

Padi dan kapas simbol padi satu tangkai di sebelah kiri melambangkan makanan pokok masyarakat berjumlah 25 yang merupakan tanggal berdirinya Kabupaten Pangandaran sesuai dengan UU No. 21 tahun 2012 dan simbol kapas satu rangkai melambangakan kesuburan sandang dan pangan, berjumlah 10 yang menggambarkan bulan berdirinya Kabupaten Pangandaran, yaitu bulan ke-10 (Oktober) untuk tahun (2012) digambarkan dan dideklarasikan dalam jumlah 12 digambarkan dengan jumlah daun kelapa Angka-angkatersebutsesuaidengan UU No. 21 Tahun 2012

PohonKelapaBerwarnaHijau

Gambar pohon kelapa menggambarkan sumberdaya alam di Kabupaten Pangandaran, yaitu tanaman yang memiliki nilai ekonomi mulai dari buahnya, daunnya, pohonnya, dan sabutnya.Karena pohon kelapa banyak tumbuh subur di wilayah-wilayah Pangandaran, maka sebagian besar masyarakat hidup dari membuat gula. Daun kelapa sebanyak 12 buah melambangkan tahun disahkannya Kabupaten Pangandaran.

Gunung Warna Hijau

Gunung warna hijau melambangkan kesuburan tanah di wilayah Kabupaten Pangandaran sehingga berbagai tanaman tropis tumbuh dengan baik di seluruh kawasan Pangandaran.

Pagar atau Benteng

Pagar atau benteng berjumlah 10 menggambarkan kekuatan Kabupaten Pangandaran yang ditopang oleh 10 kecamatan.

Pondasi

Pondasi berjumlah 21 yang melambangkan dasar kekuatan Kabupaten Pangandaran adalah UU No 21

Gelombang

Gelombang 17 dan 7 berwarna putih, menggambarkan sumberdaya alam laut dan perairan di Kabupaten Pangandaran berupa; laut, sungai, kolam, tambak dan rawa-rawa. Gelombang air sebanyak 17 berwarna putih menunjukan tanggal dilakukannya deklarasi pembentukan Kabupaten Pangandar anoleh Presidium Pembentukan Kabupaten Pangandaran pada tanggal 17 (17 juli 2007)

Bunga

Bunga berwarna merah melambangkan keabadian, keadilan yang merata berdasarkan pancasila sebagai cita-cita bersama

Tulisan KABUPATEN PANGANDARAN warna hitam

a. Simbol : Identitas Kabupaten Pangandaran
b. Warna : Hitam

Gambar Pita warna kuning

Gambar Pita warnakuning melambangkan persatuan dan kesatuan

Moto

Jaya Karsa Makarya Praja
Jaya adalah kemenangan, keunggulan
Karsa adalah ide-ide atau daya cipta yang selalu unggul sukses dalam pembangunan
Makarya adalah mendirikan, membangun, mengerjakan hasil pekerjaannya indah dan megah
Praja adalah Negara atau negri dan pemerintahan yang kuat tegar dan tangguh.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Makna Logo Kabupaten Pangandaran"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi