Menikmati Wisata Sejarah di Benteng Pendem Cilacap

Gerbang masuk Benteng Pendem Cilacap di Teluk Penyu.
Gerbang masuk Benteng Pendem Cilacap di Teluk Penyu.
Salah satu benteng peninggalan sejarah di Kabupaten Cilacap adalah Benteng Pendem. Benteng Pendem sesuai namanya benteng ini dipendem alias dikubur sebagian bangunanya. Dalam Bahasa Belanda, Benteng Pendem Cilacap dikenal dengan nama Kustbatterij op de Landtong te Cilacap.

Benteng Pendem Cilacap adalah salah satu benteng peninggalan Belanda di pesisir pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Benteng Pendem Cilacap ini dibangun pada tahun 1861. Luas Benteng Pendem Cilacap adalah 6,5 ha. Karena luas, Benteng Pendem ini dibangun secara bertahap selama 18 tahun, dari tahun 1861 hingga 1879.

Alamat Benteng Pendem berada di Jalan Benteng, Cilacap, Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53211. Koordinat Benteng Pendem tepatnya berada pada titik S7.749211, E109.017270. Agar lebih mudah menemukan lokasi Benteng Pendem, dapat dilihat pada google maps berikut.

Pada masa penjajahan Belanda, Benteng Pendem ini digunakan sebagai markas pertahanan tentara Hindia Belanda. Benteng pendem sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus. Benteng Pendem  ditemukan dan mulai digali oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap tahun 1986. Oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap, Benteng Pendem dijadikan sebagai tempat wisata sejarah.
Kolam yang mengitari Benteng Pendem dijadikan wahana bermain.
Kolam yang mengitari Benteng Pendem dijadikan wahana bermain.
Jembatan penghubung ke Benteng Pendem.
Pada masa penjajahan Belanda, Benteng Pendem digunakan sebagai penahan serangan yang datang dari arah laut. Benteng Pendem Cilacap ini didukung juga oleh keberadaan Benteng Karang Bolong, Benteng Klingker, dan Benteng Cepiring.

Benteng Pendem digunakan oleh Pemerintah Hindia Belanda hingga tahun 1942. Ketika pasukan Jepang masuk ke Indonesia, Benteng Pendem berhasil dikuasai Jepang.

Kemudian, Jepang meninggalkan benteng ini karena kota Hiroshima dan Nagasaki dibom oleh Sekutu pada tahun 1945. Setelah kemerdekaan, Benteng Pendem Cilacap ini diambil alih oleh TNI Banteng Loreng Kesatuan Jawa Tengah.

Setelah dikuasai Indonesia, Benteng Pendem digunakan para pejuang kemerdekaan berlatih perang dan pendaratan laut.

Meskipun sudah berumur sangat tua, kondisi Benteng Pendem yang terdiri banyak ruangan ini masih tampak kokoh. Akan tetapi, sejak ditemukan sampai dengan sekarang, ruangan dalam benteng belum sepenuhnya diketahui.

Ruangan-ruangan Benteng Pendem Cilacap yang umumnya diketahui terdiri dari barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, klinik pengobatan, gudang senjata, gudang mesiu, ruang penjara, dapur, ruang perwira, dan ruang peluru.
Ruang barak di Benteng Pendem Cilacap.
Ruang barak di Benteng Pendem Cilacap.
Benteng pertahanan di Benteng Pendem Cilacap.
Benteng pertahanan di Benteng Pendem Cilacap.
Beberapa ruangan di Benteng Pendem Cilacap ini masih terlihat seram. Ditambah lagi dengan keberadaan pohon-pohon besar dan kondisi bangunan yang sudah mulai rusak di beberapa tempat.
Pohon rindang menutupi sebagian bangunan di Benteng Pendem.
Pohon rindang menutupi sebagian bangunan di Benteng Pendem.
Terdapat Rusa di Benteng Pendem Cilacap.
Terdapat Rusa di Benteng Pendem Cilacap.
Ada cerita yang berkembang, kalau di Benteng Pendem ini terdapat terowongan yang menuju benteng-benteng lain di sekitarnya. Malah ada yang mengaakan kalau ada juga terowongan yang menghubungkan Benteng Pendem Cilacap dengan sejumlah gua di pulau Nusakambangan. Akan tetapi cerita tersebut hingga kini belum ada yang terbukti.
Terowongan di Benteng Pendem Cilacap.
Terowongan di Benteng Pendem Cilacap.
Itulah sekilas cerita tentang Benteng Pendem Cilacap. Apabila mampir ke Cilacap, jangan lupa untuk mampir menikmati wisata sejarah di Benteng Pendem Cilacap.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menikmati Wisata Sejarah di Benteng Pendem Cilacap"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi