Menikmati Ekosistem Mangrove di Wisata Hutan Payau Cilacap

Gerbang selamat datang di Hutan Wisata Payau Tritih Cilacap.
Gerbang selamat datang di Hutan Wisata Payau Tritih Cilacap.
Hutan mangrove atau dikenal sebagau hutan payau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak di garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut tepatnya di daerah pantai dan sekitar muara sungai. Karena berada di daerah pasang surut, tumbuhan yang hidup di hutan mangrove bersifat unik karena merupakan gabungan dari ciri-ciri tumbuhan yang hidup di darat dan di laut.

Hutan mangrove sebagai ekosistem yang unik ini memiliki benyak manfaat. Manfaat hutan mangrove diantaranya adalah :
  • Dapat mencegah intrusi air laut
  • Mencegah erosi dan abrasi pantai
  • Sebagai pencegah dan penyaring alami
  • Sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa
  • Berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir
Karena memiliki manfaat yang luar biasa. Sudah sepatutnya kita semua menjaga keberadaan hutan mangrove.

Salah satu hutan mangrove yang masih terpelihara adalah Hutan Wisata Payau Cilacap di Tritih. Meskipun Cilacap dikenal sebagai daerah industri tetapi ternyata memiliki hutan mangrove yang masih terjaga.

Hutan mangrove Cilacap ini selain memberikan manfaat secara ekologis, juga dimanfaatkan jasa lingkungan-nya sebagai obyek wisata unggulan Kabupaten Cilacap.

Alamat Hutan Payau Tritih Cilacap berada desa Karang Talun kecamatan Tritih Kulon, Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Koordinat Hutan Payau Tritih Cilacap berada pada titik S7.668162, E109.029266. Untuk memudahkan menemukan lokasi Hutan Payau Tritih Cilacap, dapat dilihat pada google maps berikut.
Wisata Hutan Payau  Cilacap ini sangat mudah dijangkau. Hutan Wisata Payau Cilacap berada tidak jauh dari pabrik Semen Holcim. Hutan Payau Cilacap ini dapat dijangkau dari jalan Nusantara, dan berjarak sekitar 2 km dari pinggir jalan raya. Sampai ke lokasi Hutan Wisata Payau Cilacap ini sudah beraspal hotmix. Masuklah ke jalan Wisata Payau dari arah jalan Nusantara.

Hutan Payau Mangrove didirikan pada tahun 1978. Hutan Payau Tritih Cilacap dimanfaatkan juga sebagai hutan kota. Luas Hutan Payau Tritih Cilacap dengan luas 10 hektar ini berbatasan langsung dengan area pesawahan warga dan hanya dibatasi oleh pematang saja.
Pohon Bakau di Wisata Hutan Payau Cilacap.
Pohon Bakau di Wisata Hutan Payau Cilacap.
Pohon Bakau dengan akar tunjang yang khas di Hutan Wisata Payau Cilacap.
Pohon Bakau dengan akar tunjang yang khas di Hutan Wisata Payau Cilacap.
Hutan Payau Tritih Cilacap ini memiliki sekitar 15.000 pohon mangrove yang terdiri dari jenis-jenis : Tancang (Bruguiera gymnorrhiza), Api-api (Avicennia sp), Bakau Bandul (Rhizophora mucronata) dan Bakau Kacangan (Rhizophora apiculata).

Ekosistem Hutan Mangrove di Hutan Wisata Payau Cilacap dihuni oleh banyak sekali biota mangrove. Fauna mangrove yang terdapat di Hutan Payau Tritih Cilacap diantaranya adalah : ikan Glodok, Uca, Udang Pistol, burung, berbagai jenis ikan dan lain-lain. Ikan Glodok ini ketika loncat akan nampak seperti logo Indosiar, sehingga ikan Glodok ini sering disebut masyarakat setempat sebagai ikan Indosiar.
Lantai hutan mangrove di Wisata Hutan Payau Cilacap.
Lantai hutan mangrove di Wisata Hutan Payau Cilacap.
Lantai hutan mangrove memiliki ekosistem yang khas.
Lantai hutan mangrove memiliki ekosistem yang khas.
Hutan Wisata Payau Cilacap ini apabila dikelola secara baik dapat dijadikan Wisata unggulan Kabupaten Cilacap. Karena tempat wisata ini ketika tahun 1990-an merupaan tempat wisata andalan yang ramai pengunjung.

Ekosistem hutan mangrove yang khas dapat dijadikan wisata pendidikan lingkungan atau wisata edukasi. Hutan mangrove memang obyek wisata potesial untuk dikembangkan karena tidak semua tempat memiliki hutan mangrove.

Selain untuk wisata pendidikan, hutan mangrove ini juga cocok untuk ber-wisata bersama keluarga. Karena mudah dijangkau juga karena tempatnya rimbun dan sejuk. Iklim mikro di hutan mangrove ini sangat kontras dengan suasana Cilacap yang panas.
Wefie di gerbang masuk Hutan Wisata Payau Tritih Cilacap. We are Forester di #hutan #mangrove #cilacap
Wefie di gerbang masuk Hutan Wisata Payau Tritih Cilacap.
Apabila jalan-jalan ke Cilacap jangan lupa mampir ke hutan wisata payau Cilacap di Tritih ya.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menikmati Ekosistem Mangrove di Wisata Hutan Payau Cilacap"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi