Tips Memilih Buah Durian

Buah Durian atau Duren yang memiliki aroma dan rasa yang khas
Buah Duren atau Durian atau yang dengan istilah keren disebut sebagai King of Fruit. Buah Durian Bahasa Latin-nya adalah Durio zibethinus. Buah Durian terkenal sangat lezat dengan aroma dan rasa yang khas. Bau dan rasa ini terkait dengan kandungan alkohol di dalam buah durian.

Buah durian ini biasanya memiliki nama yang unik, misalnya Duren si PetrukDuren LaiDuren MatahariDuren SukunDuren OtongDuren GundulDuren BokorDuren Tembaga, dan DurenAjimah. Itu untuk varitas durian lokal, sementara untuk durian impor dikenal ada Durian Monthong.

Musim durian di sekitar Tasikmalaya setiap tahun biasanya antar bulan Januari-Februari. Pada bulan-bulan itu, hampir di semua tempat yang memiliki kebun durian dipastikan akan sangat banyak durian dijual oleh petani langsung di pinggir jalan. Tetapi ternyata Buah Durian tertentu sepertinya ada sepanjang tahun, misalnya Duren Ucok Medan atau Duren Bengkulu atau Duren Lampung.

Bagi para penikmat Buah Durian, buah ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat kembali ingin mencicipi. Yang jadi permasalahan ternyata bagi yang belum berpengalaman memilih Buah Durian adalah bagaimana memilih buah yang benar-benar matang dan enak.

Untuk membantu para pemburu Buah Durian, berikut ini saya sampaikan tips memilih Buah Durian. Tips memilih Buah Duren ini bersumber dari pengalaman pribadi, cerita dari pedagang Buah Duren di pinggir jalan atau membaca pengalaman orang lain.

Aroma Buah Durian yang matang lebih wangi
Ambil sebutir buah durian kemudian coba mencium baunya. Buah Durian yang matang, walaupun belum dibelah, aroma wanginya sudah tercium. Dekatkan ke hidung dan hirup aromanya. Jika sudah tercium wanginya, berarti durian itu sudah matang.

Buah Durian yang matang jika dipukul bunyinya mendem
Setelah dicium aromanya, selanjutnya pukullah Buah Durian dengan gagang pisau. Jika durian bunyinya mendem berarti sudah matang. Sementara jika berbunyi kencang ketika dipukul, berarti durian masih belum matang.

Buah Duren yang matang di pohon tangkainya tidak rata
Buah durian jatuh langsung dari pohon atau dikenal dengan Duren jatuhan memiliki kualitas terbaik. Durian berkualitas terbaik bukan dipetik dari pohon tetapi dipungut dari yang jatuh.

Buah Duren yang dipetik dapat dilihat dari tangkainya yang rapi dan halus. Tangkai buah Duren terlihat halus karean dipotong dengan menggunakan pisau. Sementara, tangkai yang tidak rata menunjukkan buah Duren jatuh alami.

Duren yang matang tidak selalu harus berwana kuning
Warna kulit Buah durian yang matang memiliki variasi warna. Warna buah Durian yang sudah matang bisa saja memiliki warna : hijau, kuning, hingga kecoklatan. Kadang-kadang Duren berkualitas baik kulitnya berwarna hijau, dan sebaliknya warna kuning juga belum tentu telah matang. Sebagian besar Duren lokal, yang berwarna hijau menandakan telah matang.

Durian ketika musim hujan kualitasnya kurang baik
Musim Durian ketika berbunga atau berbuah ternyata kualitas buahnya dipengaruhi oleh musim. Ketika Duren berbuah di musim hujan, biasanya tidak akan menghasilkan buah dengan kualitas terbaik. Waktu yang tepat berburu buah Duren adalah ketika musim Duren datang saat musim kemarau.

Itulah beberapa tips memilih Buah Duren, selamat menikmati musim durian.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Memilih Buah Durian"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi