Menikmati Keindahan Taman Wisata Selecta, Obyek Wisata Tertua di Kota Batu

Foto Signboard Taman Wisata Selecta Kota Batu, Jawa Timur.
Signboard Taman Wisata Selecta Kota Batu, Jawa Timur.
Kota Batu memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Destinasi wisata unggulan Kota Batu diantaranya adalah Museum Angkut, Wisata Malam di Alun-Alun Batu, , Jatim Park 1, Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo dan Museum Satwa), Eco Green Park, Batu Night Spectacular (BNS), Wisata Petik Apel di Kusuma Agrowisata. dan kebun bunga yang indah di Taman Wisata Selecta.

Konon katanya, Taman Wisata Selecta adalah salah destinasi wisata tertua di Kota Batu. Taman Wisata Selecta dibangun sekitar tahun 1920-1928. Taman Wisata Selecta didirikan oleh Ruyter de Wildt seorang Warga Negara Belanda. Nama selecta berasal dari kata Bahasa Belanda selectie yang artinya pilihan. Jadi memang Taman Wisata Selecta sejak dibangun diharapkan menjadi obyek wisata pilihan di Batu.

Sisa bangunan kuno di Taman Wisata Selecta masih meninggalkan nuansa Belanda dengan arsitektur Belanda kuno. Arsitektur bangunan kuno ini merupakan salah satu daya tarik Taman Wisata Selecta.
Foto Restoran Asri salah satu peninggalan bangunan kuno di Taman Wisata Selecta.
Restoran Asri salah satu peninggalan bangunan kuno di Taman Wisata Selecta.
Alamat Taman Wisata Selecta ada Kota Wisata Batu, Jl. Raya Selecta No. 1, Desa Tulung Rejo, Bumiaji, Tulungrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65336. Sedangkan koordinat Taman Wisata Selecta Batu tepatnya pada titik S7.82128 E112.52725. Taman Wisata Selecta berjarak sekitar 4 km di sebelah utara dari pusat kota Batu dan berjarak 25 km dari pusat kota Malang.

Posisi Taman Wisata Selecta dapat dilihat pada google maps berikut.
Taman Wisata Selecta dibagi menjadi 4 zona. Pembagian zona ini tujuan agar pengunjung lebih dapat menikmati berwisata di Taman Wisata Selecta Batu. Zona-zona yang ada di Taman Wisata Selecta adalah : Taman Rekreasi, Kebun, Restoran dan Hotel.
Foto Taman wisata air dan arena bermain di Taman Wisata Selecta.
Taman wisata air dan arena bermain di Taman Wisata Selecta.
Foto Indahnya Taman Wisata Selecta Batu.
Indahnya Taman Wisata Selecta Batu.
Tempat menarik yang dapat dinikmati pengunjung di Taman Wisata Selecta adalah : kolam renang, taman bunga, outbound, water park, kolam ikan, flying fox, area jogging, arena berkuda, dan aquarium raksasa.
Foto Aquarium raksasa di Taman Wisata Selecta.
Aquarium raksasa di Taman Wisata Selecta.
Karena Taman Wisata Selecta berada pada elevasi 1100 m dpl tentunya udara menjadi sangat sejuk dan nyaman. Paduan antara elevasi yang tinggi, rindangnya pepohonan, dan penataan taman yang asri membuat betah berlama-lama di Taman Wisata Selecta Batu ini.
Foto patung di Taman Wisata Selecta.
Ada patung di Taman Wisata Selecta.
Taman Wisata Selecta sejak zaman dulu selalu dijadikan tempat peristirahatan dan wisata pilihan bagi warga Belanda yang berkunjung ke Indonesia. Ketika masa penjajahan Jepang tahun 1942, Bung Karno pernah menginap di Villa de Brandarice sekarang dikenal sebagai Villa Bima Shakti selama 15 hari. Begitu juga Bung Hatta pernah bermalam di Villa Bima Shakti pada 1947 menjelang konferensi KNIP.

Pada kurun waktu tahun 1952-1955, Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Muhammad Hatta sering beristirahat di Selecta. Beberapa keputusan penting kenegaraan pun diputuskan di sana. Pada tahun 1949 Taman Wisata Selecta dibumihanguskan oleh pejuang Indonesia. Tetapi kembali dibangun sekitar tahun 1950.

Apabila lelah menikmati Taman Wisata Selecta, dapat memesan hotel di sini karena banyak sekali pilihan Hotel di Kota Batu.
Selfie di Taman Wisata Selecta.
Selfie di Taman Wisata Selecta.
Taman Wisata Selecta Batu ini sangat cocok untuk refreshing di akhir pekan atau liburan keluarga. Selain sambil menikmati keindahan Taman Wisata Selecta juga dapat menyalurkan hobi fotografi atau melakukan swafoto atau selfie.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menikmati Keindahan Taman Wisata Selecta, Obyek Wisata Tertua di Kota Batu"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi