Kampung Jodipan yang Warna Warni di Kota Malang, Wisata Alternatif di Bantaran Kali Brantas

Apabila membayangkan rumah petak-petak dengan warna warni mencolok yang pertama kali terbayang oleh travelers pasti Guanajuato di Meksiko atau Santa Marta di Rio de Janeiro Brazil. Tetapi ternyata di Indonesia juga ada kampung yang penuh warna yang tidak kalah indah dengan di Meksiko atau Brazil. Kampung Jodipan di Kota Malang ternyata indah penuh warna.
Foto Kampung Jodipan di Kota Malang yang penuh warna.
Kampung Jodipan di Kota Malang yang penuh warna.

Kampung Jodipan di Kota Malang terkenal sebagai kampung warna-warni. Kampung Jodipan menjadi wisata alternatif di Kota Malang. Kampung Jodipan ini cocok bagi penggemar fotografi atau penyuka swafoto atau selfie.
Foto Kampung Jodipan dan Kampung Kesatrian di Kota Malang.
Kampung Jodipan dan Kampung Kesatrian di Kota Malang.
Kampung Jodipan dan Kampung Kesatrian berada di sisi sebelah Timur Jembatan Embong Kali Brantas Kota Malang. Alamat Kampung Warna-warni Jodipan ada di Gang 1, Jodipan, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126. Koordinat Kampung Warna-warni Jodipan tepatnya pada titik S7.98292 E112.63731.

Posisi Kampung Warna-warni Jodipan dapat dilihat pad google maps berikut. Meskipun dari potret udara, warna-warni Kampung Jodipan masih terlihat jelas.
Sebenarnya saya tidak sengaja melihat kampung warna-warni ini. Kebetulan waktu itu, sedang dalam perjalanan ke Kota Malang menggunakan kereta api Malabar. Ketika mendekati Stasiun Malang Kota Baru, kereta api berjalan pelan, kebetulan saya duduk di sisi kiri, eh terlihat rumah petak-petak di bantaran sungai yang penuh warna.

Sayang sekali waktu itu tidak sedang pegang kamera, jadi hanya bisa memotret seadanya menggunakan kamera HP saja dari kereta api yang berjalan pelan.
Foto Salah satu sudut Kampung Jodipan Kota Malang yang indah.
Salah satu sudut Kampung Jodipan Kota Malang yang indah.
Setelah memotret deretan rumah warna-warni itu, barulah tanya-tanya tentang rumah yang aneh tadi. Ternyata kampung tersebut adalah Kampung Jodipan dan Kampung Kesatrian.

Kedua kampung tersebut, berada di bantaran Sungai Brantas. Posisi kampung yang di bawah dan diapit oleh rel kereta api dan Jembatan Embong ini memang lokasi pas untuk selfie atau wefie. Memang sekarang ini, kedua kampung tersebut menjadi wisata alternatif di Kota Malang.

Jika hari libur, banyak sekali muda mudi yang berkunjung ke kampung ini. Mereka biasanya berfoto bersama atau selfie di sekitar kampung.

Sebenarnya, kedua kampung itu dahulunya tidak seindah sekarang. Dulu, kampung tersebut adalah perkampungan yang kumuh di bantaran Kali Brantas. Tetapi setelah kedatangan sekelompok mahasiswa yang sedang praktikum dan menawarkan untuk merombak kampung, akhirnya kondisi kampung berubah 180 derajat menjadi indah penuh warna.

Pengecatan kampung ini, mendapatkan bantuan dari dana corporate social responsibility (CSR) salah satu perusahaan cat. Selain melakukan perbaikan kampung, mahasiswa praktikan juga mengajak warga di kampung untuk melakukan pola hidup sehat, seperti menjaga kebersihan lingkungan dan perbaikan sanitasi.

Nah, jika berkunjung ke Kota Malang, sempatkan mampir ke Kampung Jodipan yang warna warni di Kota Malang sebagai wisata alternatif.

***semua foto dihasilkan dari kamera HP dan dari kereta api yang bergerak pelan***
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Kampung Jodipan yang Warna Warni di Kota Malang, Wisata Alternatif di Bantaran Kali Brantas"

Poetra Alam said...

Indah banget kampungnya dulu kumuh sekarang jadi indah banget

Ghost Ships said...

Ide mahasiswa yg inovatif dan didukung dana csr serta warga yg mendukung membuat perubahan yg luar biasa.
Bisa jd contoh buat daerah lain.

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi