Indahnya Taman Alun-alun Tugu Balaikota Malang

Foto Taman Tugu Balaikota Malang yang indah
Taman Tugu Balaikota Malang yang indah.
Kota Malang memang memiliki banyak taman yang indah. Setelah tempo hari membahas keindahan taman alun-alun Kota Malang, kali ini indahnya Taman Alun-alun Tugu Balaikota Malang giliran untuk dibahas. Taman Alun-alun Tugu Balaikota Malang, dikenal juga dengan nama Taman Tugu Balaikota Malang, atau ada yang menyebut juga dengan Alun-alun BunderTaman Tugu Bunder, atau Alun-alun Tugu.  Banyak nama memang, tetap apalah artinya sebuah nama, apapun namanya tetap kenyataannya taman alun-alun Balaikota Malang ini memang indah.

Alamat Taman Alun-alun Tugu Balai Kota Malang ada di Jalan Tugu, Kidul Dalem, Klojen, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111. Koordinat Taman Alun-alun Tugu Balaikota Malang tepatnya berada pada titik S7.97715 E112.63417.

Posisi Taman Alun-alun Balaikota Malang dapat dilihat pada google maps berikut.
Menurut catatan sejarah, taman alun-alun tugu Balaikota Malang mulai dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Taman ini dibuat oleh Jenderal Pieter Zoen Coen, seorang Gubernur Pemerintah Hindia Belanda yang berkuasa di Indonesia.

Ketika pertama dibangun, desain lansekap taman alun-alun Tugu masih sederhana. Konsepnya terbuka tanpa dibatasi pagar yang menghalang dan belum ada tugunya. Pada mulanya, taman ini dibangun untuk sekedar pelengkap halaman gedung Gubernuran Hindia Belanda.

Selanjutnya setelah kemerdekaan, peresmian pembangunan Monumen Tugu yang ditandatangani oleh Mr. Soekarno dan A.G. Suroto. Tetapi sayang sekali pada tahun 1948, terjadi agresi militer Belanda I yang menghancurkan monumen tugu.

Dan akhirnya pada tahun 1953, pemerintah Malang kembali membangun Monumen Tugu dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno.
Foto Taman Tugu Balaikota Malang dengan teratai mekar.
Taman Tugu Balaikota Malang dengan teratai mekar.
Monumen tugu dikelilingi oleh kolam yang dihasi teratai dan berisi ikan-ikan kecil. Kolam air ini juga dilengkapi oleh beberapa titik air mancur yang selalu memancarkan air pada pagi dan malam hari. Air mancur ini selain menambah keindahan taman, juga berguna membantu sirkulasi air kolam.
Foto Monumen tugu di tengah-tengah Taman Tugu Balaikota Malang.
Monumen tugu di tengah-tengah Taman Tugu Balaikota Malang.
Taman alun-alun Tugu Balaikota Malang ini sering menjadi tempat untuk hunting foto bagi penggemar fotografi karena keindahannya. Selain untuk hunting fotografi, taman ini nyaman juga dijadikan tempat berolahraga. Atau bagi penggemar selfie, taman ini adalah spot fotografi menarik untuk melakukan selfie.
Menikmati keindahan taman dengan Selfie di taman alun-alun Balaikota Malang.
Selfie di taman alun-alun Balaikota Malang.
Kalau berkunjung ke Kota Malang jangan lupa  mampir menikmati keindahan taman alun-alun tugu Balaikota Malang.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Indahnya Taman Alun-alun Tugu Balaikota Malang"

Oki Candra said...

16 th sy blm menginjak kota malang, kangen, dulu pnh kerja disini

Ghost Ships said...

saya baru 3 kali berkunjung ke Malang, dan setiap kali datang selalu aja betah, adem dan nyaman ....

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi