Apa sih Itinerary itu ?

Foto ilustrasi Traveling menggunakan kereta api memerlukan itinerary yang tepat.
Traveling menggunakan kereta api memerlukan itinerary yang tepat.
Itinerary atau sering juga disingkat itin adalah rencana perjalanan yang dibuat ketika seseorang akan melakukan sebuah perjalanan. Itinerary sekurang-kurangnya berisi tempat yang akan dikunjungi, transportasi yang digunakan, kegiatan lain, dan waktu masing-masing poin. Itinerary merupakan salah hal yang sangat penting bagi travelers.

Kenapa itinerary penting ? ... Karena sesuatu hal yang direncanakan dengan baik saja bisa meleset dari perkiraan, apalagi yang tanpa rencana sama sekali. Karena traveling menyangkut banyak hal, maka itinerary ini sangat penting.

Memang sih meskipun telah menyusun itinerary tetap saja tidak sesuai dengan rencana. Terutama apabila traveling bersama rombongan. Makanya agar semua berjalan sesuai rencana, semua harus mematuhi itinerary yang telah dibuat. Maksudnya adalah agar perjalanan yang direncanakan lebih terkendali dan terjadwal.
Gambar ilustrasi itinerary. Sumber : https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Youth_ANZAAS_2014_Itinerary.png
Ilustrasi itinerary. Sumber : wikimedia.
Itinerary itu selain berisi jadwal dan waktu, juga berisi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi ketika traveling.

Agar lebih mengerti, berikut ini sedikit panduan cara menyusun itinerary.

1. Tentukan destinasi traveling.
Dari awal, tentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi. Berikan penjelasan secara rinci dan detail destinasi wisata yang akan dikunjungi.
Berikan keterangan apakah cocok untuk dikunjungi atau tidak. Tentukan juga rute yang harus ditempuh untuk sampai ke destinasi tersebut.
Selanjutnya berikan caption mengenai informasi detail mengenai berapa lama waktu yang akan dihabiskan untuk berkunjung di destinasi wisata terebut.

2. Rencanakan apa yang akan dilakukan di masing-masing destinasi wisata.
Dari awal tentukan apa yang akan dilakukan ketika sampai ke tujuan. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan misalnya adalah : menikmati kuliner menarik, hunting foto atau cuma sightseeing saja.

3. Perhitungkan anggaran biaya yang dibutuhkan.
Ini yang paling penting. Tentukan budget atau anggaran yang akan dihabiskan selama traveling. Rinci budget ini mulai dari tiket transportasi (tiket pesawat atau tiket kereta api), tiket masuk, booking hotel, dan transportasi lokal di destinasi wisata.
Rencana biaya ini jangan sampai ada yang terlewatkan. Anggaran ini sangat penting karena jangan sampai kehabisan uang dan bisa menjadi masalah.

Merencanakan pengeluaran selama traveling ini sangat penting. Dalam kondisi tertentu dapat menghemat biaya komponen tertentu.

4. Siapkan alternatif terburuk jika ada bencana alam.
Persiapkan alternatif jika ada bencana alam, misalnya banjir atau hujan badai. Persiapkan rencana cadangan, apakah membatalkan perjalanan atau mengalihkan ke destinasi wisata lain atau mencari alternatif wisata indoor atau gedung.

5. Persiapkan itinerary cadangan.
Apabila ada hal terburuk yang terjadi seperti bencana alam atau musibah atau kecelakaan, sudah pasti itinerary yang sudah dibuat secara matang akan batal.
Ini memang tidak diharapkan, tetapi bisa saja terjadi. Apabila hal ini terjadi, persiapkan itinerary cadangan.
Pilihannya adalah : membatalkan, menunda atau mengalihkan perjalanan.

Nah, itulah gambaran mengenai itinerary. Ternyata itinerary sangat penting ketika traveling.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa sih Itinerary itu ? "

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi