8 Alasan Kenapa Memilih Menginap di Homestay

Ilustrasi homestay di obyek wisata.

Ketika travelling atau perjalanan bisnis atau meeting, menginap di hotel itu adalah sesuatu yang mainstream. Menginap di hotel tentunya akan lebih comfort, karena memang fasilitas yang dimiliki hotel akan memanjakan tamu pengunjung. Tetapi, ternyata untuk alasan tertentu, menginap di homestay ternyata layak menjadi alternatif untuk menginap.

Homestay di daerah tertentu memiliki fasilitas yang memadai. Malah di obyek wisata tertentu, homestay memiliki fasilitas seperti resort atau malah sekelas hotel berbintang.

Nah, agar traveller tidak ragu untuk memilih menginap di homestay, berikut ini adalah 8 alasan kenapa memilih menginap di homestay.


Selain seputar Tujuan Wisata, Masalah Penginapan adalah faktor penting untuk dipikirkan saat berlibur. Pada umumnya, para wisatawan memilih hotel sebagai tempat beristirahat saat liburan ke suatu daerah wisata, dengan berbagai macam pertimbangan seperti contohnya seputar Fasilitas dan kenyamanan yang pada umumnya dimiliki hotel.

Namun sekali waktu, jika anda berwisata ke suatu tempat yang baru, cobalah menginap di Homestay sebagai alternatif pilihan. Kenapa?

Tempat Tertentu Tidak Terdapat Hotel
Kota atau obyek wisata tertentu malah kadang tidak memiliki hotel sama sekali atau memang belum ada hotel. Obyek wisata seperti : Dataran Tinggi Dieng dan Pantai Sawarna ternyata belum memiliki hotel sama sekali.

Kerena tidak tersedianya hotel, maka homestay menjadi pilihan yang harus diambil. Meskipun demikian, homestay bisa menjadi alternatif menginap yang baik.

Harga Lebih Murah
Alasan lain kenapa memilih menginap di homestaya adalah ternyata rate bisa nego. Tetapi memang harus pintar menawar rate homestay.

Selain karena bisa dinego, rate homestay bisa lebih murah karena biasanya fasilitas yang disediakan oleh homestay tidak semewah hotel berbintang. Tetapi tidak selamanya homestay tidak memiliki fasilitas yang baik lho ....

Dapat Diisi Lebih Banyak
Bentuk homestay biasanya berupa rumah atau joglo, bukan kamar-kamar seperti hotel. Terkadang malah tersedia kamar yang seperti barak dengan ukuran besar. Kondisi homestay seperti itu menjadi kelebihan tersendiri, karenanya homestay dapat diisi lebih banyak orang, sehingga akan lebih mengirit.

Cocok untuk Gathering
Bentuk homestay berupa rumah atau joglo yang dilengkapi dengan aula yang luas atau lapangan terbuka menjadi kelebihan tersendiri. Fasilitas aula dan lapangan terbuka ini cocok untuk gathering atau pertemuan lain dalam jumlah yang banyak.

Suasana Lebih Tenang
Lokasi homestay biasanya tidak di pusat keramaian kota atau obyek wisata. Nah, lokasi yang jauh dari hiruk pikuk keramaian ini menjadi alasan lain untuk memilih menginap di homestay. Suasana tenang ini banyak dicari oleh tamu dari kota besar yang sudah bosan dengan hiruk pikuk keramaian kota.

Serasa di Rumah Sendiri
Ketika berkunjung ke suatu kota atau obyek wisata, salah satu penyakit yang kadang terasa adalah feel like stranger atau merasa asing. Nah, untuk mengatasinya dapat dicoba menginap di homestay.

Dengan menginap di homestay akan terasa seperti di rumah sendiri karena biasanya pemilik homestay juga tinggal bersama tamu. Dengan tinggal bersama pemilik, kita akan merasa seperti penduduk setempat dan serasa di rumah sendiri.

Lebih Menikmati Budaya Setempat
Dengan tinggal bersama pemilik homestay ini akan lebih banyak waktu untuk interaksi dengan pemilik. Dengan ngobrol dengan pemilik, biasanya akan lebih banyak informasi dan pengetahuan tentang budaya setempat.

Hal-hal kecil seperti rutinitas sehari-hari, bahasa daerah yang digunakan, serta kebiasaan adat istiadat bisa jadi pengalaman menarik bagi  yang menginap di homestay.

Suasana ini tidak mungkin didapat apabila menginap di hotel.

Pengalaman dengan Suasana Baru
Menginap di homestay artinya tinggal bersama pemilik homestay. Dengan tinggal di homestay, akan terjadi interaksi dengan pemilik. Ada tegur sapa dengan pemilik dan tamu lain. Selain ngobrol-ngobrol, bisa sambil ngopi bersama.

Dengan interaksi ini, tentunya menjadi pengalaman yang menarik selama menginap di homestay. Karena karena kesibukan sehari-hari kadang membuat kita lupa dengan interaksi sosial ini.

Itulah 8 alasan kenapa memilih menginap di homestay. Jangan ragu untuk menginap di homestay ketika berlibur ya ....
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "8 Alasan Kenapa Memilih Menginap di Homestay"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi