Menjajal Trek Banjarnegara-Dieng via Karangkobar

Bukit Sikunir di Desa Sembungan-Dieng
Bukit Sikunir di Desa Sembungan-Dieng
Dataran tinggi Dieng atau ada juga yang menyebutnya Dieng Plateau adalah salah satu dataran tinggi di Jawa Tengah yang memiliki pesona luar biasa. Saking indahnya, malah ada yang menyebut Dieng sebagai negeri para dewa.

Dataran tinggi Dieng berada di 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Selain memiliki pesona alam yang luar biasa indah, Dieng juga memiliki pesona budaya.

Keindahan alam dan budaya Dieng selalu menjadi daya tarik, sehingga setiap tahun selalu digelar Dieng Culture Festival. Pada tahun 2016 ini merupakan Dieng Culture Festival ke-7.

Untuk menuju Dieng, dapat menempuh rute via Wonosobo atau via Banjarnegara-Karangkobar-Wanayasa. Pada umumnya, wisatawan mengunjungi Dieng lewat jalan Wonosobo. Sebenarnya lewat Karangkobar-Wanayasa pemandangan tidak kalah indah. Malah via Karangkobar tidak menemui jurang pinggir jalan yang menyeramkan.
Trek rencana awal Banjarnegara-Dieng via Karangkobar
Trek rencana awal Banjarnegara-Dieng via Karangkobar
Apabila memperhatikan rencana trek, nampaknya via Karangkobar memiliki jarak tempuh lebih dekat dibandingkan jika via Wonosobo.

Tetapi ternyata perjalanan tidak sesuai dengan rencana karena sedang ada perbaikan jalan di sepanjang jalan di sekitar Banjarmangu. Untuk menghindari kemacetan, pada koordinat S7.34226 E109.69316 berbelok ke arah Utara via Beji. Selanjutnya di pasar Beji belok kanan ke arah Timur dan bertemu kembali dengan jalan utama pada koordinat S7.28404 E109.70887.
Perbandingan rute antara jalur biasa dengan via Beji.
Perbandingan rute antara jalur biasa dengan via Beji.
Apabila membandingkan vertical profile kedua rute tersebut nampak kalo melewati Beji jalan lebih curam karena ada tanjakan dan turunan. Apabila via jalur normal relatif mendaki normal. Tetapi jangan khawatir, rute via Beji adalah rute alternatif selama perbaikan jalan di sekitar Banjarmangu.

Perjalanan via Karangkobar ini salah satunya melewati Sijemblung yang merupakan daerah bencana longsor yang menimbun salah satu kampung dengan korban jiwa cukup banyak.
Lokasi bekas longsor Sijemblung yang memakan banyak korban jiwa.
Lokasi bekas longsor Sijemblung yang memakan banyak korban jiwa.
Secara umum, baik melewati Wonosobo atau Karangkobar semuanya memiliki topografi jalan yang curam. Sehingga diperlukan kesiapan kendaraan, baik mesin atau rem dan kemampuan mengemudi yang baik.

Selamat menikmati rute alternatif trek ke Dieng Plateau via Banjarnegara-Karangkobar. Siapkan kendaran dan skill mengemudi serta kamera jangan lupa.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Menjajal Trek Banjarnegara-Dieng via Karangkobar"

Batu Hiu Pangandaran said...

Mantap... harus dicoba nih..

Ghost Ships said...

Wajib dicoba Kang hehehe ...
Salam kenal Kang

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi