Menikmati Keindahan Gerhana Matahari Total Sambil Wisata Bahari

Ilustasi terjadinya Gerhana Matahari Total. Sumber Foto : Dongeng Geologi.

Gerhana Matahari Total (GMT) merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa astronomis yang menarik untuk diamati. GMT merupakan kejadian yang sangat langka dan tentunya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan apabila dapat mengamati secara langsung.

GMT yang akan melewati wilayah Indonesia pada hari Rabu tanggal 9 Maret 2016 bertepatan dengan hari libur nasional, yaitu Hari Raya Nyepi. GMT tahun 2016 ini akan melewati beberapa kota di Indonesia, diantaranya yaitu : Palembang, Palangkaraya, Banjarmasih, Balikpapan, Palu, Suasu, Bolaang, Poh, Ternate dan Kobe (Halmahera).

Lintasan Gerhana Matahari Total (GMT) 9 Maret 2016, yang melewati lautan.
Sumber Foto : Dongeng Geologi.

Apabila mengamati jalur GMT seperti grafis di atas, akan nampak kalau lintas gerhana melewati melewati lautan. Akan menjadi fenomena menarik apabila menikmati keindahan gerhana matahari total sambil melakukan Wisata Bahari mengikuti alur gerhana.

Ketika menikmati GMT sambil berwisata bahari dengan menaiki kapal tentunya fase totalnya akan lebih lama, karena mengikuti arah gerakan gerhana matahari total. Apabila kita berada di kapal atau perahu yang mengikuti alur gerhana, maka akan nampak begitu indah karena kapal atau perahu yang ditumpangi akan nampak seperti berpayung gerhana.

Animasi lintasan GMT di wilayah Indonesia.
Sumber Foto : Dongeng Geologi.

Tempat wisata bahari yang  paling menarik sebagai tempat mengamati gerhana matahari kali ini adalah di Belitung. Belitung, yang juga dikenal sebagai Negeri Laskar Pelangi, memiliki pantai yang sangat indah. Selama 2 menit, gerhana matahari total akan terlihat di Belitung. Paduan antara keindahan pantai dan fenomena gerhana matahari total ini diharapkan dapat mempromosikan wisata bahari Belitung ke seluruh dunia.

Ada beberapa lokasi yang direkomendasikan di Belitung sebagai tempat yang sempurna untuk melihat fenomena langka tersebut. Salah satuya di Kecamatan Manggar, tempat-tempatnya adalah Bukit Samak (A1), Pantai Olipier, Pulau Buku Limau, Pantai Serdang.

Sedangkan satu titik lagi, Pantai Tambak di Kecamatan Damar. Tempat-tempat tersebut tidak tertutup alias pengujung bisa melihat ke langit dengan maksimal.

Khusus untuk fotografer, kami rekomendasikan di Olipier. Karena di sana ada sunrise. Setelah sunrise, kemudian pukul 7.10 menit itu mulai detik-detiknya GMT.

Laskar Gerhana detikcom. Foto : BlogDetik.

Semoga tulisan di blog ini dapat menjadi salah satu wahana untuk mengenalkan wisata bahari di Belitung sekaligus pariwisata Indonesia ke dunia internasional.

Jangan sampai terlewatkan gerhana kali ini, karena gerhana matahari total baru akan melewati wilayah Indonesia pada tahun 2023.

Grafis gerhana matahari yang akan melewati wilayah Indonesia
pada waktu yang akan datang. Sumber : Detik.

Semoga gerhana matahari kali ini merupakan salah satu kesempatan bagi saya untuk dapat melihat secara langsung keindahan gerhana sebagai saksi fenomena langka.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menikmati Keindahan Gerhana Matahari Total Sambil Wisata Bahari"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi