Mengenal Chiropractic

Ilustrasi chiropractic. Foto : DetikHealth.

Chiropractic menjadi trending topic di media massa setelah terjadi kasus meninggalnya Allya Siska Nadya yang diduga menjadi korban malpraktek. Meninggalnya Allya sekarang ini sedang dalam proses investigasi. Allya meninggal dunia beberapa saat setelah menjalani terapi chiropractic di klinik First Chiropractic di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, pada hari Rabu 6 Agustus 2015.

Mengenal Chiropractic
Setelah membuka berbagai referensi online, akhirnya ketemu juga kosa kata chiropractic.

Kata chiropractic berasal dari bahasa Yunani. Chiro memiliki arti tangan dan practic yang artinya praktek. Chiropractic pertama kali ditemukan oleh Daniel David Palmer di Davenport, Iowa, pada tahun 1895.

Daniel melakukan penyesuaian chiropractic pertamanya pada Harvey Lillard, seorang petugas kebersihan yang mengalami gangguan pendengaran setengah tuli. Dan selanjutnya setelah diterapi dengan chiropractic, Harvey merasa pendengarannya berangsur membaik setelah menjalani terapi chiropractic. Daniel kemudian membuka sekolah chiropractic dua tahun kemudian.

Menurut American Chiropractic Association, chiropractic merupakan profesi perawatan kesehatan dengan penekanan pada gangguan sistem muskuloskeletal dan sistem saraf.

Terapi chiropractic biasanya dilakukan untuk mengobati keluhan muskuloskeletal dan tidak terbatas pada sakit punggung, nyeri leher, nyeri pada sendi, lengan atau kaki, dan sakit kepala.

Sedangkan menurut Association of Chiropractic Colleges menyebutkan bahwa chiropractor percaya bahwa kesehatan dapat ditingkatkan dan dipertahankan dengan membuat penyesuaian terhadap struktur utama tubuh, khususnya pada tulang belakang.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Palmer College of Chiropractic, chiropractic tidak menggunakan obat (drug free) atau tindakan pembedahan untuk melakukan terapi. Terapi dilakukan dengan penyesuaian tulang punggung dengan tekanan yang tepat pada bagian spesifik untuk memperbaiki posisi yang tidak tepat, sehingga mengembalikan transmisi saraf normal dan membantu tubuh memulihkan diri sendiri.

Penyesuaian chiropractic jarang sekali menimbulkan ketidaknyamanan. Namun pasien mungkin dapat mengalami nyeri ringan atau rasa sakit setelah pengobatan (dengan beberapa bentuk latihan) yang biasanya sembuh dalam waktu 12-48 jam, itu menurut pernyataan dari American Chiropractic Association.

Dengan mengenal chiropractic semoga dapat menambah wawasan untuk alternatif terapi kesehatan.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Mengenal Chiropractic"

rais aditya said...

Nice info gan...mampir juga ke blog ane ya gan...

Ghost Ships said...

@Rais : tks udah mampir dan komentar Gan. Gado2 Bogor-nya keren. Ane udah komentar tuh :D

Salam
Panduan Wisata Indonesia

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi