Mark Zuckerberg, Boss Facebook, Sumbang Rp 623 Triliun

Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan bersama putri mereka, Max.
Foto : Republika Online.

Mark Zuckerberg, Boss Facebook, memang sangat tajir, berdasarkan berita yang dirilis Liputan6, dia bersama keluarga menyumbangkan hartanya sebesar Rp 623 T untuk kegiatan amal.

Boss Facebook, Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan mendonasikan 99 % saham Facebook mereka senilai USD 45 setara Rp 623,1 triliun (apabila kurs Rp 13.848 per dolar AS) melalui organisasi amal yang didirikannya Chan Zuckerberg Initiative.

Organisasi amal tersebut memfokuskan pada penanganan kesehatan dan pendidikan. Zuckerberg berencana mempertahankan posisi suara terbanyak di Facebook ke depan. Dia akan menyumbangkan tak lebih dari USD 1 miliar saham setiap tahun selama tiga tahun ke depan.

Kabar keputusan ini bersamaan dengan pengumuman lahirnya kelahiran bayi perempuan mereka yang bernama Max.

Pasangan Zuckerberg dan Chan meluncurkan organisasi amal ini untuk memajukan potensi manusia dan mempromosikan kesetaraan semua anak, seperti dilansir dari londonlovebusiness.com, Kamis, (03/12/2015) dalam sebuah surat kepada putrinya, Zuckerberg menulis:

"Mempromosikan kesetaraan adalah untuk memastikan semua orang memiliki akses ke kesempatan ini - terlepas dari bangsa, keluarga atau keadaan mereka dilahirkan. Masyarakat kita harus melakukan ini tidak hanya untuk keadilan atau amal, tetapi untuk kemajuan manusia," tulis Zuckerberg di akun Facebook miliknya, Rabu (2/12/2015).

Selain itu Zuckerberg juga menyinggung soal isu keterbatasan akses internet. Ia menekankan bahwa akses internet sangat penting untuk setiap orang, di mana satu orang bisa keluar dari kemiskinan dan sekitar satu pekerjaan baru diciptakan. Namun, masih lebih dari setengah populasi dunia - lebih dari 4 miliar orang - tidak memiliki akses ke internet.

"Jika generasi kita menghubungkan mereka, kita bisa mengangkat ratusan juta orang keluar dari kemiskinan. Kita juga dapat membantu ratusan juta anak untuk mendapatkan pendidikan dan menyelamatkan jutaan nyawa dari penyakit," tambahnya.

Mendonasikan US$ 45 miliar, seberapa tajirkah Zuckerberg ?

Pendiri Facebook ini tercatat memiliki kekayaan USD 46,9 miliar atau setara Rp 649,5 triliun. Menurut data dari Forbes, Mark Zurckerberg masuk daftar pengusaha di bawah 40 tahun terkaya Amerika Serikat dan peringkat ke-7 dalam daftar orng terkaya dunia versi majalah Forbes.

Dia secara sukarela mengurangi gajinya satu tahun yang lalu sebesar USD 503.205 atau Rp 6,9 juta.

Tahun lalu Mark dilaporkan memiliki empat pulau di Hawaii, 700 hektar tanah di pantai utara yang meliputi pantai pasir putih, perkebunan tebu dan pertanian organik.

Pada tahun 2011 Mark membeli rumah seharga USD 7 miliar atau Rp 96,9 triliun di Oaki Alto California dan dia membelanjakan USD 30 miliar atau Rp 415,5 triliun untuk membeli empat rumah di sebelah rumahnya.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mark Zuckerberg, Boss Facebook, Sumbang Rp 623 Triliun"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi