Gunung Bromo Terus Meningkat Aktifitasnya


Foto ilustrasi letusan Gunung Bromo. (Foto: istimewa/TNBTS)
Berdasarkan pengamatan petugas, aktifitas Gunung Bromo kembali mengalami peningkatan. Peningkatan ini salah satunya ditandai dengan semakin tingginya semburan abu vulkanik. Berita peningkatan aktifitas Gunung Bromo ini dirilis SindoNews. Aktifitas vulkanik Gunung Bromo terpantau terus meningkat. Pengamatan seismik dari tremor amax terus meningkat dibandingkan sebelumnya.

"Jika sebelumnya tremor amax 3-22 mm dominan 5 mm pada 12-12-2015 pukul 06.00-12.00 WIB, maka telah meningkat menjadi 3-28 mm dominan 7 mm pada 13-12-2015 pukul 12-18 WIB," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho berdasarkan pos pengamatan di Gunung Bromo, dalam keterangan tertulis yang dikirimkan kepada Sindonews, Minggu (13/12/2015).

Selanjutnya Sutopo memberikan gambaran lebih mendetail, semburan abu vulkanik di atas puncak Gunung Bromo juga mengalami peningkatan menjadi 1.500 meter. Asap kelabu tebal tersebut mengarah ke Barat-Barat Laut.

Akibat peningkatan aktivitas Gunung Bromo ini, Bandara Abdulrachman Saleh, Malang ditutup lagi hingga Senin 14-12-2015. "Apakah akan dibuka atau ditutup kembali, disesuaikan dengan kondisi sebaran asap Gunung Bromo," jelas Sutopo.

Meskipun demikian, Sutopo meminta masyarakat tidak panik. Menurutnya masyarakat belum perlu untuk mengungsi. "Erupsi G.Bromo adalah strombolian. Berdasarkan sejarah letusannya tidak ada erupsi yang besar."
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gunung Bromo Terus Meningkat Aktifitasnya"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi