Mitos Pawang Hujan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia online, definisi pawang adalah orang yang mempunyai keahlian istimewa yang berkaitan dengan ilmu gaib, seperti dukun, mualim perahu, pemburu buaya, penjinak ular.
Foto Ilustrasi hujan.
Ilustrasi hujan.

Atau kalau menurut Wikipedia, pawang adalah pekerjaan yang mengatur periaku binatang (biasanya binatang buas) agar tidak merugikan atau membahayakan manusia. Yang termasuk dalam kategori ini adalah, pawang ular, pawang harimau, pawang singa, pawang buaya, dll.

Tetapi kenapa ya kalo pawang hujan bergeser makna menjadi orang yang pandai menolak hujan ?... Kenapa gak berikut mendatangkan hujan ya ? ...

Ini yang aneh, harusnya kan kalo melihat definisi awal, mestinya dia "bisa" mengatur atau mengendalikan perilaku hujan ya .... Seperti sekarang ini, harusnya pawang hujan bisa membantu mendatangkan hujan dong ya, semacam hujan buatan gitu lah hehehe ....

Ya memang, "bisnis" pawang hujan ini adalah bisnis yang gelap, gak jelas tolok ukurnya. Pernah ada pengalaman lucu, ketika akan ada acara di Gunung Walat Sukabumi sekitar tahun 2000-an dan kebetulan memang sedang musim hujan, nah ... gak tau kenapa dan ide dari siapa gitu sehingga manggil pawang hujan ... Dan apa yang terjadi ? Hujan tetep turun hahaha ....

Ketika komplain ke sang pawang, dia cuma bilang, "Cep, kalo gak ada Bapak, mungkin hujan akan datang lebih lebat dari ini" hahaha  ..... masih mungkin dong ya ....

Nah, ada cerita lainnya tentang masalah kemarau dan hujan. Ada mitos, kalo kawasan lapangan Dadaha di Tasikmalaya ditutupi semacam tenda, maka akan turun hujan. Dan memang selalu kejadiannya begitu, setiap ada acara di Dadaha memakai tenda besar selalu turun hujan.

Nah, ketika sekarang kemarau sudah hampir 5 bulan, semoga dengan digelarnya Tasikmalaya Festival (Tafest) dalam rangka Hari Jadi Kota Tasikmalaya yang ke-14 akan turun hujan dan menutup musim kemarau tahun ini. Tetapi yang jadi masalah, biasanya pihak penyelenggara selalu menyiapkan pawang hujan hahaha .... 

Jadi gimana dong ? .... Jadi kontra dengan kebutuhan air hahaha ....

Jadi ya emang di situ lah mungkin letak mitosnya, gak ada ukuran yang jelas akan keberhasilan pawang hujan hahaha .... Jadi biarkan lah tetap menjadi mitos.

loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Mitos Pawang Hujan"

Gosippedia said...

Ada-ada aja nih ya hehehe ....

Ghost Ships said...

Intermezo aja biar seru hehehe ...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi