Yamaha MT-15 Siap Bersaing dengan Honda CB150R

"Rendering" sosok MT-15 yang sedang dites Yamaha Indonesia di jalan.
KompasOtomotif/Lilyana

Berita di Kompas Otomotif memberikan kesempatan kepada konsumen otomotif untuk memilih motor sport 150 cc. Berita yang dirilisnya memang baru menyajikan gambar renderan, belum foto asli.

Ada yang menarik jika memperhatikan peta persaingan Sepeda Motor Sport 150 cc di Indonesia. Semakin lama memanas, apalagi setelah V-ixion yang dulu merajai kini tak dibiarkan sendirian oleh Honda dengan CB150R Streetfire-nya. Strategi demi strategi dimainkan kedua belah pihak, dan kini Yamaha siap bermanuver dengan taktik baru.

Belakangan, ramai kabar di kalangan penggiat blog bahwa Yamaha MT-15 atau versi telanjang dari R15 siap diluncurkan. Dugaan itu diperkuat dengan munculnya sosok yang mengarah pada MT-15 dites di jalanan Indonesia, berbarengan jalan dengan New V-ixion Advance.

Spekulasi pun muncul, mulai dari spesifikasi hingga positioning. Dari foto yang beredar, MT-15 tampak menggunakan suspensi depan tipe upside down. Bodi berkarakter gagah dan tinggi, mirip versi mini Yamaha MT-25.

Tim desain Kompas Otomotif kemudian mencoba menterjemahkan foto-foto yang sempat beredar ke internet dan menciptakan sosok MT-15. Gambar ini merupakan rekayasa, tapi kalau nanti diluncurkan, sepertinya tidak akan berbeda jauh dari dugaan kami!

Perang strategi
Paling menarik justru dipandang dari segi positioning. Belum jelas, model ini akan berdampingan dengan Yamaha V-ixion, atau akan menggantikan V-ixion. Namun yang jelas, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing cukup jeli sekaligus ngotot mempertahankan penguasaan segmen satu-satunya, yakni sport.

Saat Honda menyerang V-ixion dengan CB150R Streetfire, November 2012, Yamaha ternyata sudah siap dengan generasi terbarunya, New V-ixion Lightning (NVL). Lalu, Yamaha seakan kembali ”memancing” keluar Jagoan Honda terbaru dengan New V-ixion Advance, dan akhirnya muncul All-New CB150R terbaru dengan tampang lebih tajam.

Jika memang MT-15 akan dilahirkan, kemunculan All-New CB150R bakal kembali digebuk Yamaha dengan produk baru. Atau dengan kata lain, strategi ini bisa jadi sudah disiapkan Yamaha agar selalu unggul satu langkah di segmen gemuk ini.

Dugaan sementara Kompas Otomotif, YIMM akan membuat MT-15 menemani New V-ixion Advance. Mereka akan berdampingan, meski pasar V-ixion akan sedikit tergerus.

Namun mengaca pada sukses Vario 125 yang kemudian didampingi Vario 150, dan ternyata pasar Vario Techno bertambah besar, bukan tidak mungkin Yamaha V-ixion dan MT-15 akan bahu-membahu memperbesar kue Yamaha di segmen sport 150 dan sport secara keseluruhan.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Yamaha MT-15 Siap Bersaing dengan Honda CB150R"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi