10 Pantai Indah di Selatan Jawa Barat

Keindahan alam Indonesia memang tiada duanya di dunia. Kunjungi destinasi wisata terbaik di Indonesia. Saya yakin masih banyak destinasi wisata Indonesia yang belum kawan-kawan kunjungi.

Salah destinasi terbaik adalah pantai Selatan Jawa Barat. Buat para traveller Indonesia, Saya kasih panduan supaya dapat memilih Top 10 Pantai yang wajib dikunjungi di Selatan Jawa Barat. Tentunya setelah Top 10 Pantai ini, para traveller Indonesia masih bisa mengunjungi pantai lain di Jawa Barat yang gak kalah indahnya.

Makanya gak salah kalau saya bilang pantai di Selatan Jawa Barat itu memang bisa dikategorikan Top 10 Indonesiaku !!!...

#1. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan salah satu pantai terbaik di Indonesia. Pantai ini berada di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Karena keindahan dan kenyamanannya, pernah dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa versi AsiaRooms.

Pantai Pangandaran terkenal dengan pantainya yang aman untuk berenang karena landai. Karena jarak antara pasang dan surutnya relatif lama, sehingga sangat aman untuk direnangi. Cocok juga untuk snorkeling terutama di pantai pasir putih yang memiliki taman laut yang indah.

Perahu nelayan dan pelangi di Pantai Barat Pangandaran

Pantai Pangadaran memiliki ombak cukup baik untuk surfing. Sehingga banyak turis mancanegara menikmati surfing. Untuk menjaga keselamatan perenang dan peselancar, ada Tim Penyelamat Wisata Pantai.

Pantai Pangandaran di sore hari dengan background Gunung Cikuray

Pantai Pangandaran memiliki banyak spot menarik untuk fotografi. Pantai Pangandaran memiliki dua pantai yang saling berseberangan, yaitu Pantai Timur dan Pantai Barat, sehingga pengunjung dapat menikmati sunrise dan sunset sekaligus.

Sunset yang indah di Pantai Pangandaran

Sunset dengan perahu nelayan di Pantai Pangadaran
Hal lainnya yang dapat dinikmati adalah Cagar Alam Pananjung. Cagar Alam Pananjung memiliki daya tarik wisata yang lengkap, mulai hutan tropis, air terjun, sungai, binatang eksotik (monyet dan banteng), juga wisata peninggalan sejarah Goa Jepang.

Pada waktu tertentu juga ada kegiatan wisata budaya Hajat Laut. Ritual dilakukan di Pantai Pangandaran oleh nelayan sebagai perwujudan rasa terima kasih terhadap kemurahan Tuhan. Ritual berupa melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada bulan Muharam di Pantai Timur Pangandaran.


#2. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak (S7.69094 E108.75174)  berada di Desa Bagolo Kecamatan Kalipucang-Kabupaten Pangandaran. Pantai ini berlokasi sebelum Pantai Pangandaran dan Pantai Karang Nini. Pantai Karapyak ini cantik alami sehingga cocok untuk hunting bagi fotografer atau berkemah.

Pasir putih Pantai Karapyak yang begitu luas.

Pantai Karapyak kurang begitu dikenal karena mungkin karena memang informasi yang dipublikasikan masih kurang.

Selain menikmati keindahan pantainya, para traveller yang memiliki hobi memancing dapat menyalurlan hobinya di sini. 

Spot memancing di Pantai Karapyak
Pantai Karapyak ini memiliki variasi pantai. Dari mulai pasir putih, taman laut ketika surut, tempat berenang dan spot memancing.

View arah Pulau Nusakambangan dari Pantai Karapyak
Taman laut ketika air surut di Pantai Karapyak


#3. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas berada di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang berjarak sekitar 34 km dari Pangandaran. Pantai Batukaras memiliki pantai yang landai dengan air laut tenang sehingga aman untuk berenang. 

Pengunjung di Pantai Batu Karas

Kegiatan wisata lainnya yang dapat dinikmati di pantai adalah : berperahu di bengawan, berkemah dan surfing. Jangan terlalu khawatir dengan akomodasi, karena tersedia banyak pondok wisata yang dilengkapi dengan arena bermain dan rumah ibadah. 

Perahu wisata di bengawan


#4. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu berada di Desa Ciliang Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran (S7.69127 E108.53799). Terletak hanya 14 km dari Pantai Pangandaran ke arah barat.

Pantai Batu Hiu

Disebut Batu Hiu karena di tengah laut ada sebuah batu yang menyerupai hiu. Tetapi karena terkena abrasi, batunya sudah tidak menyerupai hiu lagi.

Batu yang menyerupai hiu.
Pantai Batu Hiu menghadap ke Samudra Hindia sehingga ombaknya besar. Karena ombaknya besar dan berbahaya, pengunjung dilarang berenang di pantai.


#5. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta berada di Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah-Kabupaten Tasikmalaya. Pantai Sindangkerta berjarak sekitar 72 km dari Kota Tasikmalaya dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta memiliki pantai yang landai sehingga aman untuk berenang. Sindangkerta memiliki taman laut yang luas hampir mencapai 20 hektar. Taman laut dinamakan Taman Lengsar atau Taman Datar berupa karang yang datar dan luas, terlihat jelas apabila laut surut.

Kegiatan berenang di Pantai Sindangkerta
Pantai Sindangkerja setiap tahun rutin menggelar Hajat Lembur Mapag TaunHajat Lembur Mapag Taun yang merupakan ritual nelayan Sindangkerta setiap tanggal 1 Januari.

Bagi fotografer, Pantai Sindangkerta memiliki panorama sunset yang indah.


#6. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang berada di Desa Mancagahar Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut. Pantai Sayang Heulang berjarak sekitar 85 km dari Garut kota dan dapat ditempuh sekitar 3 jam perjalanan.

Panorama di Pantai Sayang Heulang dari Gardu Pandang

Pantai Sayang Heulang memiliki pantai yang landai dan pasir putih. Ketika pantai surut, akan menjadi taman laut yang indah di sepanjang Pantai Sayang Heulang.

Pantai Sayang Heulang memiliki pantai yang landai dan pasir putih

Untuk penikmat fotografi, Pantai Sayang Heulang juga menampilkan panorama sunset yang sangat indah.


#7. Pantai Santolo

Pantai Santolo berada di Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Jarak Pantai Santolo dari Garut kota sekitar 88 km dan dapat ditempuh sekitar 3,5 jam perjalanan.

Pantai Santolo merupakan pelabuhan tempat berlabuhnya para nelayan tradisional. Karena merupakan daerah nelayan, maka makanan sea food akan menjadi menu andalan di rumah makan yang ada di Pantai Santolo.

Deretan perahu nelayan di Pantai Santolo-Pameungpeuk

Untuk menikmati keindahan pantai, pengunjung dapat menyewa perahu untuk berkeliling pantai.

Di sekitar Pantai Santolo juga terdapat kantor Lapan (Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional) yang merupakan unit produksi dan pengujian roket. Pada waktu tertentu, pengunjung dapat menonton pengujian roket.

Tempat peluncuran roket Lapan di Cilauteureun Pantai Santolo


#8. Pantai Ujunggenteng

Pantai Ujunggenteng berada di Kecamatan Ciracap, Sukabumi. Jarak Pantai Ujunggenteng dari Kota Sukabumi sekitar 120 km dan dapat ditempuh dalam 3-4 jam perjalanan. Pantai Ujungggentng memiliki pantai yang indah berpasir putih dengan airnya yang jernih.

Senja di Pantai Ujunggenteng

Para traveller harus hati-hati jika mau berkunjung ke Pantai Ujunggenteng. Kondisi jalan antara Kota Sukabumi dengan Pantai Ujunggentng memang sudah beraspal baik, tetapi jalannya sempit dan berkelok melewati pegunungan.

Persiapkan kondisi mobil/motor dalam kondisi baik dan pastikan bbm terisi penuh karena SPBU ada hanya di Sukabumi, Palabuhanratu dan Surade.

Untuk akomodasi, travellers tidak perlu khawatir karena cukup banyak tersedia pondokan wisata dengan budget yang terjangkau. Tetapi apabila berkunjung ketika week end atau peak season, pastikan booking paling lambat 1 hari sebelum kedatangan. Pada umumnya pemondokan di Pantai Ujunggenteng meminta pembayaran di muka untuk booking kamar.

Salah satu pondok wisata di Pantai Ujunggenteng

Untuk makan juga tersedia banyak rumah makan sunda maupun sea food. Tempat makan lokasinya dekat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) sehingga kesegaran ikannya tidak diragukan lagi.


#9. Pantai Cibuaya

Pantai Cibuaya lokasinya dekat dari Pantai Ujunggenteng. Pantai Cibuaya juga berpasir putih dan berair laut bening tetapi ombaknya sedikit lebih besar. Karena ombaknya besar, Pantai Cibuaya berbahaya untuk berenang. Dikatakan Pantai Cibuaya mungkin zaman dulunya mungkin di sekitar pantai banyak buaya.

Pasir putih Pantai Cibuaya

Akses jalan ke Pantai Cibuaya kurang begitu bagus. Meskipun akses jalan kurang bagus, tetapi usaha untuk mencapai pantai akan terbayar dengan keindahan alam yang bisa dinikmati.

Pantai Cibuaya memiliki semacam aquarium air laut alami. Ketika laut surut, akan banyak ditemukan cekungan-cekungan air laut yang berisik ikan. Pemandangan bawah laut ini dapat dinikmati cukup dengan alat snorkel.


#10. Pantai Palabuhanratu

Pantai Palabuhanratu merupakan wisata pantai andalan Kabupaten Sukabumi atau kadang disebut Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai Palabuhanratu berada di Kecamatan Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Pantai berjarak sekitar 60 km dari Kota Sukabumi dan dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Pantai Palabuhanratu

Pantai Palabuharatu memiliki ombak yang sangat kuat dan karena itu berbahaya bagi perenang pantai. Jadi tidak disarankan bermain di pantai. 

Papan larangan berenang di Pantai Palabuhanratu.

Masyarakat sekitar mempercayai adanya penguasa laut Selatan yaitu Ratu Kidul. Konon, Sang Ratu adalah seorang ratu yang cantik laksana bidadari yang bertahta di sebuah kerajaan makhluk halus yang besar dan indah.

Pada setiap bulan April masyarakat Palabuhanratu menggelar ritual Hari Nelayan yang dimaksudkan sebagai syukuran atas rezeki yang telah didapat dari hasil laut dan agar dijauhkan dari bencana. Ritual berupa pelarungan sesaji berupa kepala kerbau ke tengah laut.

Untuk fotografer, Pantai Palabuhanratu juga menyajikan panorama sunset yang indah.

Nah travellers, itu tulisan tentang Top 10 Pantai yang wajib dikunjungi di Selatan Jawa Barat. Semoga dapat meningkatkan kunjungan ke pantai-pantai indah yang ada di Selatan Jawa Barat.



loading...

Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "10 Pantai Indah di Selatan Jawa Barat"

Reni Aryani Sutika said...

Wah, ternyata banyak juga ya pantai yang eksotis di Jawa Barat.

Ghost Ships said...

Hampir semua pantai Selatan Jawa memang luar biasa. Jawa Barat masih bari sebagian kecil pesona pantai Selatan.

vira said...

info menarik. dari yang sudah lama beken sampai yang baru saya dengar, ada di sini :D

Ghost Ships said...

Gak jauh2 dari Bandung or Jakarta :D

Mumun said...

Ujunggenteng emang nulisnya disambung ya? Gile. Daftar ini spesifik. Keren. Dan ini baru top 10. Ga kebanyang jumlah totalnya ada berapa.

arievrahman said...

Banyak juga yaaa pantai di Jabar! So far saya baru mampir ke Ujung Genteng saja malah.

Ghost Ships said...

Setau saya plus liat2 di google emang namanya ditulis nyambung, sama kayak Palabuhanratu yg lebih dikenal Pelabuhan Ratu.

Catatan perjalanan lainnya silahkan click tab Travelling, Navigasi atau Fotografi.

Catper pantai Selatan Jateng dan Jati juga ada hehehe ...

Tks udah mampir dan komentar ya

Ghost Ships said...

Cobain Ujunggenteng arah Timur, mulai Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran, sepanjang pantai Selatan masih banyak spot menarik. Beruntung sekali saya pernah menyusuri pantai Selatan mulai dari Palabuhanratu sampai ke Malang hehehe ..., meskipun tentunya tidak dalam 1 trip yang panjang, beberapa kali trip dan route yang berbeda

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi