ORARI Memancarkan Berita tentang Konferensi Asia Afrika ke Seluruh Dunia

Dalam rangka peringatan Konferensi Asia Afrika yang ke-60, ORARI menyelenggarakan special call untuk memeriahkannya. Kegiatan ini dalam rangka ikut menyebarluaskan informasi pelaksanaan peringatan ke-60 Konferensi Asia Afrika di Bandung ke seluruh dunia. Ditargetkan informasi yang disebarkan bisa dikomunikasikan dengan 6.000 stasion radio amatir di 200 negara. Hal ini seperti yang dilansir oleh Pikiran Rakyat.

"Tujuan kami untuk berpartisifasi menyebarluaskan informasi diadakannya KAA di Bandung ke seluruh dunia," ujar sekretaris Orari Jabar, Agus Gunarso saat ditemui di sekretariat ORARI Jawa Barat Jalan Situ Aksan 35 Bandung, Sabtu (18/4/2015).

Menurut Agus, Orari telah mendapatkan izin dari Kemkominfo untuk melakukan special call pada peringatan KAA ke-60 tersebut. "Special call tersebut bersandi YE60AA, dimulai Sabtu (18/4/2015) pukul 07.00 sampai Senin (20/4/2015) pukul 07.00," ujar Agus didampingi Wakil Ketua Orari Jabar Ivan Renaldi.

Dalam dua hari tersebut ditargetkan sebanyak 6.000 komunikasi di 200 negara bisa dilakukan. "Kita targetkan mendapat DXCC Award karena untuk mendapat penghargaan itu minimal berkomunikasi dengan stasion di seratus negara," ujarnya.

Bila terealisasi, menurut Agus, menjadi satu kebanggaan bagi kita dan penghargaan tersebut akan disumbangkan ke Musium KAA.

Untuk mewujudkannya, menurut Agus, Orari Jabar menurunkan personel sebanyak 40 orang, terdiri dari 25 operator dan sisanya panitia. "Mereka tidak hanya dari Bandung, tapi juga datang dari Jakarta, Bali, Tangerang, Bogor. Mereka bekerja selama dua hari dua malam nonstop," ujarnya.

Agus mengaku optimis bisa tercapai karena dari Sabtu pagi hingga siang saja sudah terjadi komunikasi ribuan kali yang berada di 50 negara. "Yang rame nanti malam karena malam relatif bagus karena komunikasi menunjang," ujarnya.

Namun menurut Agus, yang paling penting dalam kegiatan ini adalah bagaimana kegiatan KAA bisa sampai gaungnya ke luar negeri. Sehingga seluruh dunia menjadi tahu adanya KAA yang dilaksanakan di Kota Bandung.

"Kemudian kita membentuk solidaritas dengan organisasi radio amatir dunia dan negara konferensi yang dulu ikut KAA," ucapnya.

Sementara itu, Ivan Renaldi menyatakan untuk mendukung hal tersebut pihaknya memasang pemancar di 9 lokasi yang di Balai Kota, Padalarang, Sekretariat Orari di Jalan Situ Aksan dan di rumah-rumah anggota Orari.

Dijelaskan Ivan kegiatan Orari tidak dalam rangka KAA saja tapi juga melakukan Jambore on The Air, Island on the air, Comunication and recue, juga setiap lebaran dukungan komunikasi keamanan dan lalulintas.

Sementara itu, khusus KAA, disiapkan 8 band, 3 mode dan 14 stasion di sekitar Bandung. "Mode ada tiga yakni phone (voice), morse dan digital. Namun sekarang yang banyak digunakan dengan cara digital," ujarnya.

Setiap stasion yang melakukan komunikasi dibuktikan dengan QSL card. "Barusan saja kita sudah berkomunikasi dengan sebuah stasion radio amatir di Jerman dengan call sign DL7UXG," katanya.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ORARI Memancarkan Berita tentang Konferensi Asia Afrika ke Seluruh Dunia"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi