Perjalanan Panjang ke Ujung Genteng-Sukabumi

Rencana rute perjalanan Tasikmalaya-Ujung Genteng
Rencana rute perjalanan Tasikmalaya-Ujung Genteng
Akhirnya jadi juga pergi ke Ujung Genteng. Perjalanan dimulai dari Tasikmalaya hari Kamis tahun baru ini (1/1). Rencana rute Tasikmalaya-Cipatujah-Pameungpeuk-Sindangbarang-Agrabinta-Surade-Ujung Genteng. Berdasarkan perhitungan jarak perjalanan menggunakan map source sekitar 311 km dengan waktu tempuh sekitar 5 jam 12 menit. Namun nampaknya gak mungkin deh dapat nyampe dengan waktu sekian hehehe....

Prakiraan cuaca nampaknya masih berawan dan hujan di sepanjang hari, paling tidak itu diperoleh dari peta awan dan curah hujan BMKG.
Dari peta nampak bagian Selatan Jawa Barat tidak terlalu ekstrim
Sebagian besar Jawa tertutup awan
Sebagian besar Jawa tertutup awan 
Prakiraan hujan ringan
Prakiraan hujan ringan
Dari ketiga citra tadi, nampaknya perjalanan tidak akan mendapat langit biru atau cuaca cerah. Tetapi semoga cerah lah, minimal di perjalanan sampai ke tujuan.

Dan benar aja, ketika perjalanan sampai ke Cipatujah, langit masih nampak berawan.
Langit masih berawan ketika sampai di Pantai Cipatujah
Langit masih berawan ketika sampai di Pantai Cipatujah
Sebenarnya perjalanan antara Tasikmalaya sampai ke Pameungpeuk sudah saya tulis ceritanya di sini beberapa waktu lalu, tetapi tetap saja masih ada tempat menarik untuk disinggahi. Ketika perjalanan kali ini pun saya sarapan di pantai Bubujung (S7.73190 E107.92369). Tempatnya tidak jauh dari Pantai Cipatujah.
Salah satu spot di Pantai Bubujung
Salah satu spot di Pantai Bubujung
Tidak jauh dari Pantai Bubujung terdapat spot motret yang bagus berupa jejeran pohon Ketapang (S7.73121 E107.92158) di pinggir pantai. Nampak indah karena berada antara laut dengan semacam danau bekas galian pasir besi.
Foto beberapa waktu lalu ketika melakukan perjalanan nekat pake sedan great corolla
Foto beberapa waktu lalu ketika melakukan perjalanan nekat pake sedan
Deretan pohon Ketapang (Terminalia catapa) di tepi pantai Bubujung.
Deretan pohon Ketapang (Terminalia catapa) di tepi pantai Bubujung.
Secara umum, kondisi jalan antara Tasikmalaya sampai ke Ujunggenteng berkondisi baik. Hanya beberapa titik saja yang kondisinya banyak lubang (S7.71588 E107.91674, S7.69636 E107.89509, S7.68711 E107.88272, S7.58833 E107.62450, S7.50160 E107.42159, S7.49198 E107.42105) dan satu titik rusak parah. Tetapi kondisi ini bisa dikalahkan dengan pemandangan yang bisa dinikmati sepanjang perjalanan.

Sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan yang sangat indah. Pemandangan variasi antara pegunungan, sawah, sungai, pantai, pepohonan dan geometri jalan yang indah.
View sekitar jembatan Cikandang
View sekitar jembatan Cikandang
View sekitar jembatan Cikandang
View sekitar jembatan Cikandang
View sekitar jembatan Cikandang
View sekitar jembatan Cikandang
Semakin ke arah Barat, pemandanga semakin banyak yang bisa dilihat dan diabadikan.
View gabungan antara sawah, sungai dan laut.
View gabungan antara sawah, sungai dan laut.
Yang harus diperhatikan selama perjalanan ini adalah kecukupan ketersediaan BBM. Karena SPBU yang terlewati hanya ada di : Pameungpeuk, Sindangbarang, dan Surade. Jadi pastikan kalau memakai mobil ber-cc di atas 2000 cc, setiap SPBU diisi full, supaya tidak kerepotan di jalan. Dan ajaibnya, setiap SPBU yang saya singgahi selalu nampak antrian panjang, jadi bersabarlah hehehe ....
Antrian di SPBU Pameungpeuk
Antrian di SPBU Pameungpeuk
Selain itu, karena ketiadaan PJU sepanjang perjalanan dan memperhatikan aspek keamanan, tidak disarankan perjalanan pada malam hari. Ketika kesorean, sebaiknya menginap saja di Sindangbarang. Ada beberapa hotel yang lumayan lah untuk melepas lelah, sebelum sampai ke Ujunggenteng. Karena waktu tempuh dari Sindangbarang ke Ujunggenteng masih di atas 4 jam dan melewati beberapa jalan jelek dan perkebunan karet dan hutan jati. Disarankan membawa radio komunikasi HF, karena radio VHF tidak ada yang dapat menjangkau dan sinyal HP minim sekali. Sebaiknya membawa beberapa HP dengan provider yang berbeda hehehe .. Jangan lupa mobile charger.

Meskipun perjalanan ketika tahun baru tepat 1 Januari 2015, tetapi susur pantai selatan ini tidak terganggu kemacetan seperti jalur utama. Akhirnya setelah menempuh perjalanan selama sekitar 8 jam, sampai juga ke Ujunggenteng. Sampai di Ujunggenteng disambut hujan, dan hujannya sampai besok pagi ....
Istirahat di depan pemondokan yang mengahadap pantai
Istirahat di depan pemondokan yang mengahadap pantai
Sunset Ujunggenteng di depan pemondokan, sayang sekali tertutup mendung tebal
Sunset Ujunggenteng di depan pemondokan, sayang sekali tertutup mendung tebal
Cerita perjalanan sekitar Ujunggenteng dan Palabuhanratu. Nanti akan saya tulisan di tulisan berikutnya.

Nampaknya rute perjalanan panjang ke Ujunggenteng Sukabuni ini dapat menjadi alternatif berlibur bagi yang suka petualangan dan memotret.
loading...

Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "Perjalanan Panjang ke Ujung Genteng-Sukabumi"

nuar said...

Jalur rusaknya bisa dilewatin sedan kah?

Ghost Ships said...

Bisa sih, tapi kasihan sedannya, bisa keseleo kaki hehehe ... beberapa titik rusak, di sktr Perkebunan Mira Mare banyak lubang, Agrababinta sktr 300 m rusak parah berbatu.
Nyamannya minimal Avanza/Xenia lah ...

Ujung Genteng said...

Jalan Cor2an didaerah perkebunan kelapa Agrabinta berarti sudah selesai ya..?

Ghost Ships said...

udah bagus Om, hanya sedikit yang rusak parah ..., kalo saya dari Tasikmalaya mau ke Ujunggenteng atau Palabuhanratu lebih cepat via pantai selatan dibanding via Bandung ...

Candra said...

pa,numpang tanya...kalo kondisi jalan dr ranca buaya ke pangandaran via pameungpeuk dan pantai santolo bisa dilewati oleh mobil sedan kecil?

Ghost Ships said...

Bisa dilewatin pake sedan koq, saya pernah nyoba tapi itu setahun yg lalu, jalan agak jelek di sekitar Perkebunan Mira Mare, tapi masih bisa diilih koq ...

Aksanditiro Basayev said...

Kang mau tny,jalur dr pamengpeuk-rancabuaya-cidaun-dindang barang gmn kondisinya??rencana mau kesana tengah bulan ini..

Ghost Ships said...

awal tahun 2015 ketika saya lewat, kondisi aspal hotmix dan beton, hanya sedikit saja yang rusak di sikitar Agrabinta.
asal jangan pake sedan aja, nyaman dilewati koq

Citra Ayu Kusumawardhani said...

Saya mau coba tapi dari arah jakarta. Bisa ketempuh berapa lama ya, minimal dari sukabumi ke tasikmalaya, tapi lewat jalur yang Anda tulis... Mau ngitung waktu tempuh PP balik lagi ke Jakarta (cuma punya waktu Kamis - Minggu). Hehehe

Ghost Ships said...

@Citra : kalo dari Jakarta mending via Sukabumi aja, Jkt-Smi sktr 4 jam ya ? Smi-Palabuhanratu 2 jam, Plratu-Ujunggenteng 2 jam, ujunggenteng-Cipatujah sktr 6 jam. Cipatujah-Tasikmalaya 2 jam. Tasik-Jakarta sktr 5 jam jika gak macet via Malangbong-Bandung-Tol-Jkt.
Kalo mau dari Capatujah mending lanjut Pangandaran via pantai, ada di tulisan saya yg lain : Menyusuri Jalan Lintas Selatan Jabar antara Tasikmalaya-Pangandaran
Nah dari Pangandaran baru pulang ke Jakarta, Pangandaran-Jakarta sktr 7 jam.

Start Jkt Kamis pagi, nginap ujunggenteng, lanjut Pangandaran nginap di Pangandaran (Jumat)dan Sabtu main sekitar Pangandaran, Nginap semalam lagi di Pangandaran, Minggu pagi pulang Jakarta.

Cukup kan ?

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi