Menikmati Hawa Pegunungan Cemoro Sewu dan Telaga Sarangan (Trip to Jatim day 4)

Sebenarnya kami masih ingin tinggal semalam lagi di Batu, karena masih banyak obyek menarik yang belum sempat didatangi, misalnya Museum Angkut sama Kebun Raya dan wisata agro ke kebun apel. Tetapi karena perkiraan bulan Ramadhan jatuh hari minggu, maka hari minggu harus sudah sampai minimal ke Kalipucang.
Foto Telaga Sarangan
Telaga Sarangan
Perjalanan hari keempat keliling Jawa Timur ini direncanakan berangkat dari hotel pukul 7 pagi. Rute yang direncanakan adalah Batu-Kediri-Madiun-Magetan-Cemoro Sewu-Karang Anyar-Solo-Boyolali-Ketep-Magelang-Temanggung-Kledung.


Perhitungan menggunakan GPS jaraknya sekitar 382 km dengan waktu tempuh 7 jam 23 menit, apabila ditambah 3 kali istirahat sekitar 5 jam, maka total perkiraan waktu tempuh selama 12 jam 23 menit. Tetapi karena saya udah sangat lelah, maka perkiraan saya waktu tempuh akan semakin lama, bisa jadi 15 jam lebih hahaha, jadi apabila berangkat jam 7 maka perkiraan sampe Temanggung pukul 22 malam.

Awal-awal perjalanan meninggalkan Batu pemandangannya memang luar biasa indah,  jalan di lereng pegunungan dengan suasana pedesaan dan jalan berkelok mulus. Akhirnya istirahat pertama untuk sarapan di daerah Ngantang di Rest Area Waduk Selorejo. Menu makan di rest area didominasi ikan goreng. Menunya mirip masakan sunda dan harganya murah. Setelah beres sarapan kedua dan sekalian bungkus buat makan siang langsung berangkat lagi.
Waduk Selorejo dilihat dari rest area
Waduk Selorejo dilihat dari rest area
Perjalanan dari Batu sampai ke Madium itu sebenernya perjalanan "gelap", karena belum pernah dilewatin sama sekali. Sementara kalo Madiun sampai Solo pernah lewat ketika Praktek Umum Kehutanan tahun 93-an lah kayaknya.... Karena travel buta, maka saya gak berani terlalu memacu kendaraan, soalnya juga jalan masih sempit dan berkelok. Selain itu, ternyata sampai ke Kediri antrian kendaraan lumayan rame.
Persimpangan yang ramai padahal jalan gak terlalu lebar.
Persimpangan yang ramai padahal jalan gak terlalu lebar.
Setelah lewat Kediri masuk ke jembatan Kali Brantas, jalan baru serasa agak lebar dan bisa ngebut hahaha ... Lumayan bisa ngirit waktu deh ...
Jembatan Kali Brantas yang puanjang hehehe ...
Jembatan Kali Brantas yang puanjang hehehe ...
Menjelang Madiun udah berasa lemes dan agak ngantuk hehehe, akhirnya istirahat dan makan siang aja di SPBU. Setelah cuci muka dan makan, agak seger deh lanjut perjalanan. Memasuki Saradan, jalan mulus sepanjang hutan jati, mesti waspada gak boleh nginjek garis gak putus di jalan kalo gak mau ditilang. Sekitar Saradan gak terlalu ngebut, soalnya sambil mengingat kenangan masa lalu ketika Praktek Umum Kehutanan di hutan jati ini selama sebulan, tidur di TPK dan tempat yang hanya enak untuk dikenang aja hahaha.... Kalo seandainya berhenti di sekitar TPK ada yang bisa ditanya gak ya ? hahaha ....
Sudut TPK di Saradan dulu pernah nginap di sini hampir seminggu, sangat indah untuk dikenang hehehe ....
Sudut TPK di Saradan dulu pernah nginap di sini hampir seminggu,
sangat indah untuk dikenang hehehe ....
Sudut lain TPK di Saradan
Sudut lain TPK di Saradan
Terkadang, kita harus memacu adrenalin dan memaksakan diri dalam kondisi tertentu. Meskipun pengin istirahat tapi dipaksakan tetep jalan, biar bisa istirahat di Cemoro Lawang (perbatasan Jateng-Jatim jalur tengah).

Setelah melewati Magetan, jalan mulai menanjak, sebelum akhirnya istirahat lagi di Telaga Sarangan, cuma minum Soda Susu aja biar gak kembung plus nyobain wedang jahe.
Perbukitan sekitar Telaga Sarangan
Perbukitan sekitar Telaga Sarangan
Mejeng dulu di atas Telaga Sarangan
Mejeng dulu di atas Telaga Sarangan
Gak lama lah istirahat di Telaga Sarangan, karena dipastikan gak akan lama pasti berhenti lagi di sekitar Cemoro Lawang buat foto-foto lagi. Tanjakan dari arah Magetan menuju Cemoro Lawang luar biasa curam, mobil 2000 cc aja di gigi 1 sampe ngeden (ternyata harusnya matiin AC biar gak berat di tanjakan hahaha....). Akhirnya sampailah juga di batas provinsi.
Pemandangan sekitar Cemoro Lawang
Pemandangan sekitar Cemoro Lawang
Pemandangan sekitar Cemoro Lawang
Pemandangan sekitar Cemoro Lawang
Narsis di tugu batas provinsi Jateng-Jatim
Narsis di tugu batas provinsi Jateng-Jatim
Tugu Batas dengan background Gunung Lawu
Tugu Batas dengan background Gunung Lawu
Perjalanan selewat tugu batas mulai turunan curam, dan ramai banyak motor yang mungkin sekedar mau ngadem dan jajan bakar jagung. Selepas Karang Anyar jalanan mulai membosankan, udah jenuh kali ya hahaha .... Ternyata menjelang Solo pas jam pulang kerja, jadi macet sepanjang jalan sampai setelah keluar Solo, baru lancar menjelang Boyolali. Berhubung sudah mulai malam, akhirnya diputuskan rute dialihkan ke Salatiga aja, biar rame dan gak terlalu curam, cuma sayang antrian parah, dan harus nyalip dari kiri hehehe.

Akhirnya sampe juga ke Temanggung, istirahat sambil isi BBM sebelum nanjak lagi menuju Kledung. Rencana nginap di Dieng Kledung Pass Hotel, gak booking lah, secara gak pernah penuh hehehe.... Sampai ke hotel sekitar pukul 23 telat banget deh, begitu turun dari mobil terasa  banget hawa dinginnya,  liat temperatur di lobby hotel 19 derajat celcius, lumayan dingin .... Nyari makanan anget udah gak ada di restoran depan. Ya udah tidur cepet aja, biar besok paginya bisa hunting sunrise di Posong.

Perjalanan hari keempat lumayan jauh juga dilihat dari peta berikut .
Screen capture google earth perjalanan hari keempat.
Screen capture google earth perjalanan hari keempat.
Tulisan terdiri dari 8 tulisan yang merupakan rangkaian cerita perjalanan. Ceritanya bisa disimak di link berikut :

-Perjalanan ke Wonosari
-Menyusuri Indahnya Jalur Lintas Selatan Pacitan
-Keindahan Pantai Klayar Pacitan
-Menikmati Keindahan Sunrise di Bromo
-Pesona Keindahan Jalan Lintas Selatan Wonosari sampai Trenggalek
-Pesona Keindahan Kaldera Gunung Bromo
-Menikmati Hawa Pegunungan Cemoro Sewu dan Telaga Sarangan
-Menikmati Sunrise di Puncak Posong dan Hangatnya Mie Ongklok
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menikmati Hawa Pegunungan Cemoro Sewu dan Telaga Sarangan (Trip to Jatim day 4)"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi