Penyiapan Media Tanam Buah Naga

Untuk budidaya Buah Naga, ada 2 hal yang harus disiapkan, yaitu : tiang panjat dan media tanam. Tiang panjat digunakan untuk menopang tumbuh tanaman. Tiang panjat dapat dibuat dari beton atau bambu. Sedangkan media tanam yang baik, supaya cepat tumbuh tunas baru dan memanjang, dibutuhkan ketersediaan unsur N yang tinggi, jika menggunakan pupuk kandang, maka jenis yang paling tepat adalah yang berasal dari kotoran ayam.

Pembuatan Tiang Panjat
Tinggi tiang panjat biasanya sekitar 2-2,5 meter dan ditanam sedalam 50 cm agar kuat berdiri. Di ujung bagian atas diberikan penopang berupa batang kayu atau besi membentuk ‘+’. Kemudian tambahkan besi berbentuk lingkaran atau bisa juga ban motor bekas. Sehingga bagian ujung atasnya berbentuk seperti stir mobil.

Tiang panjat dari beton dengan ditambahkan ban motor bekas di atasnya sebagai penopang

Jarak tiang dalam satu baris 2-2,5 meter sedangkan jarak antar baris 3 meter. Jarak ini juga sekaligus menjadi jarak tanam. Di antara barisan buat saluran drainase sedalam 25 cm.

Penyiapan Media Tanam
Buatlah lubang tanam dengan ukuran 60×60 cm dengan kedalaman 25 cm dengan posisi tiang panjat terletak di tengah-tengah lubang tanam tersebut.

Campuran media tanam yang digunakan adalah 10 kg pasir dengan tanah galian untuk menambah porositas tanah. Tambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang yang telah matang sebanyak 10-20 kg. Tambahkan juga dolomit atau kapur pertanian sebanyak 300 gram, karena buah naga memerlukan banyak kalsium. Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata.

Timbun kembali lubang tanam dengan campuran media di atas. Kemudian siram dengan air hingga basah tapi jangan sampai tergenang. Biarkan lubang tanam yang telah ditimbun kembali tersinari matahari dan mengering.

Setelah 2-3 hari, berikan pupuk TSP sebanyak 25 gram. Pemberian pupuk melingkari tiang panjat dengan jarak sekitar 10 cm dari tiang. Biarkan selama kurang lebih 1 hari.

Lubang tanam siap untuk ditanami.

Artikel yang mungkin berguna tentang Buah Naga :

Mengenal Buah Naga


(dari berbagai sumber)
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyiapan Media Tanam Buah Naga"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi