Pilih Motor Manual atau Matic ?

Belakangan ini jalanan semakin dipenuhi motor matic. Dari segi kepraktisan, memang sangat nyaman dan memanjakana pengendara. Start and go ..., tinggal gas dan rem aja ... Berbeda dengan motor manual yang harus secara manual memindah-mindahkan transmisi sesuai dengan kebutuhan.

Tetapi yang saya rasakan, terutama dalam hal pemeliharaan motor matic adalah agak sedikit berkurang ketahanan part untuk transmisi. Terutama v belt dan kopling-nya.

Kedua komponen itulah yang berperan dalam gerakan motor. Tetapi ternyata part itu daya tahannya hanya di kisaran 25 ribu-30 ribu km saja, dan harus diganti, kecuali berani menanggung resiko tiba-tiba v belt putus di jalan.

Itu berbeda dengan motor manual. Saya memakai transmisi manual (baik kopling automatic maupun kopling manual) juga tetapi selama memakainya lebih dari 5 tahun gak pernah ganti kampas kopling atau bahkan rantai sekalipun.

Jadi intinya memang kenyamanan pemakaian itu juga harus ditebus dengan beberapa part yang memang harus lebih sering dirawat dan diganti. Paling tidak v belt dan kopling-nya.

disclaimer : saya tidak menyebutkan merk motor, hanya sekedar sharing pengalaman memakai motor transmisi matic dan manual
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pilih Motor Manual atau Matic ?"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi