Mengenal Buah Naga


Buah Naga yang sedang berbuah 
Batang buah naga panjang menjulur hijau seperti naga, sehingga di-Indonesia-kan namanya menjadi Buah Naga. Selain itu, buahnya juga bersisik dan memiliki sayap seperti seekor naga. Padahal sebenarnya buah naga adalah buah kaktus.

Klasifikasikan tanaman Buah Naga adalah sebagai berikut :
Divisi : Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
Subdivisi : Angiospermae (berbiji tertutup)
Kelas : Dicotyledonae (berkeping dua)
Ordo : Cactales
Family : Cactaceae
Genus : Hylocereus
Subfamily : Hylocereanea
Spesies : Hylocereus undarus (daging putih)
              Hylocereus costaricensis (daging merah)

Buah naga tidak memerlukan perawatan khusus. Tanaman buah naga hanya memerlukan media tanah, pasir dan pupuk organik atau pupuk kandang. Dan cocok ditanam di lahan kritis. Curah hujan yang besar justru tidak menguntungkan bagi tamanan ini, karena bisa mengakibatkan kerusakan dan pembusukan buah naga.

Buah naga merah
Buah Naga berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Israel, Australia utara dan Tiongkok selatan.

Buah naga dapat berkembang dengan kondisi tanah dan ketinggian lokasi apapun, namun tumbuhan ini cukup rakus akan unsur hara, sehingga apabila tanah mengandung pupuk yang bagus, maka pertumbuhannya akan baik. Dalam waktu 1 tahun, pohon buah naga dapat mencapai ketinggian 3 meter lebih. Berdasarkan beberapa sumber, buah naga belum banyak dibudidayakan di Indonesia. Sementara ini, daerah Mojokerto, Jember, Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Ponorogo,Kalibawang, Kulon Progo, Batam dan Bandung merupakan daerah yang telah membudidayakan tanaman ini.

Artikel yang mungkin berguna tentang Buah Naga :

Mengenal Buah Naga

loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Buah Naga"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi