Memilih Laptop yang Best Value for Money

Foto Ilustrasi laptop. Foto credit : pixabay
Ilustrasi laptop. Foto : Pixabay.

Belakangan ini saya mulai lagi senang menekuni hobi fotografi kembali. Tetapi sayang sekali piranti yang saya miliki untuk meng-edit foto sangat terbatas. Selama ini saya mengandalkan netbook untuk mengedit semua foto yang saya dapat dari hasil hunting. Selama itu pula saya masih merasa cukup, mengingat editan yang saya lakukan hanya sebatas contrast, brightness, rotating, atau cropping.

Selain itu, sekarang saya mulai lagi selalu memotret dengan file RAW. Nah, file RAW ini memerlukan laptop yang memiliki spesifikasi yang mumpuni. Karena 1 file foto RAW itu mencapai 10 mb. Sehingga apabila spesifikasi kurang memadai, dijamin akan membuat laptop menjadi hang. Ditambah lagi, software pengolah foto yang mampu mengolah file RAW itu memerlukan spesifikasi yang lumayan tinggi.

Ya, karena kebutuhan untuk mengolah grafis, maka saya mau tidak mau harus memilih laptop dengan spesifikasi paling tidak menggunakan prosesor generasi ke-4 (lebih dikenal dengan haswell). Diperlukan juga RAM dan hardisk yang cukup besar. Daya tahan baterai nampaknya tidak jadi masalah, karena dipastikan akan banyak mengedit foto di ruangan. Tentunya dengan dukungan layar yang minimal 14 inch supaya detail foto dapat terlihat jelas.

Akhirnya dengan kebutuhan seperti itu, saya kira laptop dengan prosesor Intel Core i3, RAM 4 gb, dan hardisk 500 gb sudah cukup memadai. Nah, sekarang tinggal mencocokkan dengan kemampuan keuangan, merek laptop apa ya yang kira-kira memenuhi kebutuhan saya itu ? ...., dengan budget 5-6 juta saja plus OS Windows original. Pilihan nampaknya mengerucut ke Toshiba, Lenovo, atau Asus.

Tinggal memilih merek mana yang ada service center di Tasikmalaya dan memberikan promo terbaik aja lah hehehe ....

Itu sih hal-hal yang dipertimbangkan untuk memilih laptop yang best value for money.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Memilih Laptop yang Best Value for Money"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi