Malaysia Turunkan Harga Bensin

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Malaysia menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk jenis RON95 dan RON97. Sementara itu, harga BBM jenis solar diesel mengalami kenaikan.

Menteri Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi, dan Kepenggunaan Datuk Seri Hasan Malek mengatakan, harga RON97 di SPBU turun 9 sen, RON95 turun 4 sen, dan harga solar diesel naik 3 sen.

"Harga baru ini hanya akan berlaku selama bulan Desember. Pemerintah akan mengikuti perkembangan pasaran harga produk setiap masa dan nilai tukar mata uang untuk menetapkan harga eceran bensin dan solar untuk bulan-bulan berikutnya," katanya, seperti dikutip berbagai media lokal di Kuala Lumpur, Senin (1/12/2014).

Dengan demikian, harga eceran BBM jenis RON97 turun menjadi 2,46 ringgit (sekitar Rp 8.800) per liter dan RON95 menjadi 2,26 ringgit (Rp 8.100) per liter. Sementara itu, harga solar naik menjadi 2,23 ringgit (Rp 8.000) per liter.

Pada 21 November, pemerintah memutuskan bahwa penetapan harga eceran untuk bensin RON95 dan solar akan dibuat berdasarkan sistem mengambang terkendali mulai 1 Desember ini. Hal tersebut telah digunakan untuk harga eceran RON97 sejak Juli 2010.

Pemerintah sebelumnya menggunakan sistem automatic price mechanism (APM), yaitu dengan menetapkan harga eceran produk BBM pada satu tingkat tertentu, yakni biaya produksi tidak akan mengubah harga eceran.

Namun, dengan sistem mengambang terkendali, rata-rata perubahan biaya produk akan menentukan penetapan harga untuk bulan berikutnya. Ini berarti, jika harga pasaran minyak mentah dunia meningkat, harga RON97, RON95, dan diesel juga akan meningkat. Begitu juga sebaliknya.

Sumber : Kompas
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Malaysia Turunkan Harga Bensin"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi