Fenomena Becak Bermotor di Jalan Raya

Becak  bermotor di jalan raya Kota Tasikmalaya
Becak bermotor sebenarnya bukanlah hal yang baru. Sudah beberapa tahun ini marak di beberapa kota di Indonesia. Namun kehadirannya di Kota Tasikmalaya baru menjamur belakangan ini.

Becak bermotor adalah becak yang dimodifikasi dengan menambahkan motor tempel atau mesin sepeda motor di bagian penggerak rodanya. Tetapi bagian depannya masih seperti becak biasa. Artinya penumpang masih berada di depan dan tanpa pelindung sama sekali.

Masalah lain adalah becak bermotor kecepatannya sudah lumayan  kencang. Ketika di jalan raya, akan menjadi penyebab kemacetan karena kecepatannya nanggung sehingga akan ada antrian di belakangnya. Udah gitu akan sulit disalip karena lajunya goyang, khawatir jika terserempet mobil.

Faktor lain yang membahayakan adalah stabilitasnya. Dengan kecepatan yang lumayan bisa mencapai 40 km/jam diperlukan stabilitas, mulai dari sistem kemudi dan kehandalan roda dan pendukungnya. Sistem pengereman  juga harus diperhatikan.

Apa yang terjadi ketika becak bermotor itu harus belok mendadak atau mengerem mendadak ? Mungkin becak bisa terguling atau penumpang bisa terlempar ke depan. Kalau sampai timbul korban jiwa siapa yang akan terkena imbasnya ? ....

Apabila mengacu kepada Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, jelas melanggar. Tidak adanya uji kelayakan menjadi salah satu hal yang dilanggar. Kemudian masalah Surat Izin Mengemudi (SIM), saya meragukan pengemudinya memiliki SIM

Dengan kondisi seperti itu, nampaknya perlu penertiban becak bermotor sebelum timbul korban. Apalagi sekarang sedang ada Operasi Zebra 2014. Diperlukan upaya hukum untuk menertibkan becak bermotor. Penertiban dapat berupa upaya penilangan dan dilakukannya razia secara berkala di jalan-jalan raya yang ditengarai sebagai tempat beroperasinya becak bermotor.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fenomena Becak Bermotor di Jalan Raya"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi