Tips Menguras Kolam Ikan

Hari libur biasanya ada aja yang dikerjakan di rumah, apalagi kalo akhir bulan begini hehehe, secara gak memungkinkan buat jalan-jalan. Yang sering dilakukan adalah menguras kolam ikan, soalnya kolam yang kotor dan butek gak enak banget diliat deh. Terus awal hujan juga suka membawa kotoran ke dalam kolam.

Pada awal-awal punya kolam, ketika membersihkannya kolam dikuras abis dan semua lumut disikat sampe kinclong. Tapi ternyata sejalan waktu selalu aja ada ikan yang mati. Akhirnya setelah browsing ke sana kemari akhirnya ketahuan sebabnya. Ternyata kolam yang berumur beberapa hari itu sudah ada keseimbangan bakteri di dalam kolam itu. Jadi ketika membersihkan jangan sampai mengganggu keseimbangan itu.

Jadi cara membersihkannya cukup dikuras airnya, kemudian sisakan sekitar 10 %, supaya mikroorganismenya masih tersisa. Kemudian apabila ada kotoran di lantai kolam cukup disifon saja, banyak jualan koq alat buat sifon lantai kolam, intinya kotoran di lantai kolam disedot. Bersihkan filter dan cuci bersih filternya (jangan pake sabun). Dinding kolam gak usah disikat, biarkan tumbuh lumut supaya bisa jadi cadangan pakan ketika telat ngasih makan hehehe ....

Nah, dengan cara seperti itu ternyata setelah setahun ini, ikan di kolam kecil gak pernah ada yang mati.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Menguras Kolam Ikan"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi