(Bayangan) Susahnya Perawatan Motor Injeksi

Belakangan ini, makin banyak aja motor-motor baru yang tentunya dengan design dan teknologi yang terbaru. Salah satunya adalah teknologi injeksi. Memang berdasarkan literatur yang ada, teknologi ini menawarkan efiesiensi bahan bakar (karena diatur oleh ECU) dan emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan. Selain itu kalo dibandingkan dengan mobil injeksi, nampaknya tidak memerlukan  banyak penyetelan ketika tune up.

Kalo untuk kelebihan  nampaknya gak perlu deh terlalu dipikirin, toh gak merugikan kita. Nah, yang jadi masalah adalah kelemahannya. Nampaknya apabila belajar dari pengalaman di mobil injeksi banyak hal yang akan menjadi kelemahan ketika diterapkan di motor. Saya mencoba menganalisis dari mobil dan referensi yang pernah saya baca.

1. Banyak Part Elektrik
Part elektrik hampir semua tidak  bisa diperbaiki dan harus diganti. Udah gitu, mobilitas motor kan lebih sering ke pelosok sehingga gak terbayangkan seandainya mogok di perkampungan yang gak ada bengkel dengan peralatan lengkap. Semua komponen sensor gak bisa diutak-atik dan diatur oleh komputer sehingga setiap perawatan harus selalu ke bengkel khusus/resmi.

2. Harga Part Relatif Lebih Mahal
Pemilik harus mengeluarkan uang yang gak sedikit ketika ada komponen yang rusak terutama suku cadang sensor atau elektrik.

3. Kelistrikan Harus Stabil
Semua sensor dijalankan oleh pasokan listrik sehingga harus selalu stabil. Udah gitu, ECU juga rawan gangguan ketika kita menambahkan tambahan akesoris kelistrikan, misal lampu tambahan dll.

4. Memerlukan Kualitas Bahan Bakar yang Bagus
Teknologi injeksi itu nampaknya sistem pengabutan dengan tekanan tinggi dan kompresi yang tinggi pula, sehingga diperlukan kualitas bahan bakar tanpa timbal dengan nilai oktan tinggi. Dan bahan bakar harus selalu bersih dari edapan atau kotoran, karena mulut atau ujung injektor itu sangat kecil, debu atau rambut sekalipun dapat  menyumbat injektor.

Nampaknya saya harus berfikir lagi deh untuk membeli motor injeksi, selain harganya juga mulai merambat naik ternyata lebih banyak kelemahan apabila dibandingkan dengana motor karburator.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "(Bayangan) Susahnya Perawatan Motor Injeksi"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi